Minggu , 23 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Kenalkan Budaya Jabar, Mahasiswa Unpad Gunakan Cokelat “Choped!”

Kenalkan Budaya Jabar, Mahasiswa Unpad Gunakan Cokelat “Choped!”

BANDUNG – Minimnya perhatian masyarakat terhadap kebudayaan khas Jawa Barat, mendorong tim mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) berkreasi dalam mengenalkan budaya Jawa Barat yaitu melalui cokelat. Produk yang mereka buat ialah“Choped!”. Cokelat dijadikan sebagai Ikon Pengenalan Kebudayaan Jawa Barat dengan Kemasan Edukatif dan Inovatif.

Tim mahasiswa Unpad terdiri dari Farida Alia Dewi (Fakultas Peternakan/Fapet), Devi Rezki Utami (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/FISIP), Nidya Nasrun (FISIP), Yuliana Sari Fatimah (FISIP), dan Faried Latief (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).

Kemasan cokelat yang mereka buat, berisi informasi mengenai kebudayaan Jawa Barat. Ada beberapa edisi yang telah mereka buat, seperti jaipong, egrang, kuda renggong, dan wayang golek.

Bukan hanya pengenalan budaya di kemasan, cokelat yang mereka jual pun berisi nanas madu Subang dan Ubi Cilembu khas Jawa Barat. Selain itu, tersedia rasa original (tanpa isi) dan cokelat aneka rasa, meliputi dark, milk, dan white chocolate.

Choped! sudah banyak dijual di beberapa tempat, termasuk di fakultas, toko makanan di Jatinangor, dan di beberapa pameran. Melalui produk ini, mereka juga berkeinginan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sebagai tim produksi.

Kreativitas ini mengantarkan mereka menjadi salah satu delegasi Unpad untuk Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) yang dilaksanakan di Universitas Halu Oleo Kendari, 5-9 Oktober mendatang.

Tim tersebut telah mempersiapkan dengan baik untuk berlaga di Pimnas nanti. Mereka berharap bisa meraih medali emas. (Unpad/IK-SS)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *