Selasa , 30 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Kenalkan Pangan ke Siswa SD, Mahasiswa UNY Ciptakan Media Flash

Kenalkan Pangan ke Siswa SD, Mahasiswa UNY Ciptakan Media Flash

YOGYAKARTA – Selama ini pembelajaran di sekolah dasar masih menggunakan sistem klasikal dipandu guru dengan metode ceramah ataupun mencatat. Hal tersebut berdampak pada pembelajaran yang kurang interaktif sehingga siswa kurang antusias dalam mengikutinya. Akibatnya anak kurang paham dengan materi yang dipelajari. Hal inilah yang mendorong tim mahasiswa UNY mengembangkan media pembelajaran berbasis flash untuk mengenalkan pangan lokal Indonesia ke siswa sekolah dasar.

Tim mahasiswa UNY itu diantaranya, Muhammad Muslim Machbub dan Hidayati Suryaningrum dari Prodi PGSD FIP, Arif Wahyu Saputro dari Prodi Pendidikan Teknik Otomotif dan Ahmad Muzaki Salman dari Prodi Pendidikan Teknik Informatika, serta Zahrina Sanni Muhasadah dari Prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS.

Hidayati Suryaningrum menjelaskan bahwa kendala dalam pembelajaran gizi pangan adalah kurangnya media yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran tematik. Padahal penggunaan media pembelajaran dapat membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar terhadap siswa.

Ahmad Muzaki Salman menjelaskan, pembuatan media pembelajaran dilakukan dengan bantuan komputer menggunakan aplikasi adobe flash. Berdasarkan storyboard yang telah dirancang sebelumnya, di dalam media pembelajaran yang dibuat terdapat beberapa menu yang dapat diakses pengguna.

Adapun menu-menu tersebut diantaranya menu kompetensi yang berisi kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran. Ada menu “materi kamu” yang berisi materi pembelajaran pengenalan pangan lokal yang bersifat tematik integratif. Lalu, menu ”ayo bermain” yang berisi evaluasi pembelajarn dalam bentuk permainan. Kemudian, menu petunjuk yang berisi petunjuk penggunaan media, dan menu profil yang berisi identitas pengembang media.

Media pembelajaran berbasis flash ini telah diujikan di SDN 1 Tegalrejo Yogyakarta dan berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKMP) serta lolos dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun 2015 di Kendari. (UNY/IK-SS)

Check Also

Forum Industri Pangan

Kemenristekdikti Gelar Forum Industri Pangan Menuju Kemandirian Pangan

Bogor – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI siap menjembatani terbangunnya konsep kolaborasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *