Kamis , 24 Mei 2018
Home / Kabar Kampus / Keren! Ada Angkringan Pintar Ala Mahasiswa UGM

Keren! Ada Angkringan Pintar Ala Mahasiswa UGM

Yogyakarta- Sejumlah mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta merintis sebuah program Angkringan Pintar yang memiliki visi untuk membumikan budaya baca di kalangan anak-anak.

“Konsep Angkringan Pintar itu merupakan sebuah model perpustakaan keliling yang terintegrasikan dengan berbagai program yang tentunya menunjang tujuan untuk membumikan budaya baca di kalangan anak-anak,” ujar Koordinator Tim Phisca, Aditya Rosyady.

“Angkringan Pintar memiliki konsep hampir mirip perpustakaan keliling. Mengambil konsep `mobile` (keliling) dibuat untuk mewadahi kebutuhan membaca di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY, yang masih belum penuh tersentuh oleh layanan perpustakaan umum seperti Dusun Srunggo dan Dusun Banyusumurup,” lanjutnya.

Ia menyampaikan, sebagai unsur dari suatu pendidikan, kebiasaan membaca perlu sekali dimiliki anak -anak. Hal ini sangat penting karena dengan membaca, pola pikir mereka akan terbuka dan bisa diarahkan untuk  berpikir lebih maju.

Menurutnya, saat ini anak -anak tidak tertarik dengan hal -hal yang bersifat akademis tersebut, tetapi lebih tertarik menghabiskan waktu luangnya untuk bermain “game” internet, “play station”, atau menonton televisi. Selain itu, ketersediaan akses baca di kalangan anak juga terbatas.

“Berangkat dari permasalahan itu, melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat 2013, kami menginisiasi program Angkringan Pintar,” ujarnya.

Check Also

Orangtua-Wajib-Lapor-Pungli-Sekolah-ke-Kemdikbud

PPDB Terapkan Zonasi, Sekolah Favorit Siap-siap Tak Bisa Seleksi Siswa

Edupost.id – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 dengan sistem zonasi diprediksi membuat sekolah yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=