Selasa , 13 November 2018
Home / Kabar Kampus / Kini Skripsi Mahasiswa UGM Harus Berbentuk Karya Nyata
Mahasiswa UGM Ciptakan Permen Anti Gemuk dan Sakit Gigi
Mahasiswa UGM Ciptakan Permen Anti Gemuk dan Sakit Gigi (UGM dok.)

Kini Skripsi Mahasiswa UGM Harus Berbentuk Karya Nyata

Edupost.id – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM), Erwan Agus Purwanto menuturkan, sejak dua tahun lalu pihaknya sudah menerapkan program Skripsi Karya sebagai syarat kelulusan mahasiswa. Program ini mewajibkan mahasiswa membuat karya nyata, bukan lagi karya penelitian seperti skripsi pada umumnya.

Program ini, menurut Erwan, diterapkan mengingat saat ini dunia makin berkembang. Lulusan perguruan tinggi tidak hanya membutuhkan keahlian meneliti, tetapi juga kemampuan dalam membuat karya nyata.

“Sebelumnya, skripsi harus melakukan penelitian yang panjang. Tapi dalam skripsi karya, mahasiswa harus membuat karya nyata yang nantinya dapat berguna di lingkungan masyarakat. Jika para lulusan diterima bekerja di perusahaan, mereka sudah memiliki pengalaman membuat karya tertentu,” terang Erwan di Fisipol UGM, Rabu (17/1).

Erwan menambahkan, masing-masing departemen di Fisipol memiliki kecenderungan berbeda dalam pembuatan karya ini. Misalnya, di Departemen Komunikasi, mahasiswa dapat membuat karya iklan, dan sebagainya. Selain bentuk karya nyata, skripsi model baru ini juga dibatasi jangka waktunya.

“Mahasiswa harus menyelesaikan skripsi karya dalam satu semester,” ujarnya.

Ditambahkan, sejak diterapkan program ini, mahasiswa Fisipol menjadi lebih cepat lulus. Pasalnya, dalam pembuatan skripsi tidak lagi memakan banyak waktu, hanya butuh satu semester.

“Kita dorong mahasiswa untuk punya karya agar mereka dapat bekerja di sektor riil,” pungkas Erwan. (Andi)
roses sesuai UU Sistem Peradilan Pidana Anak,” pungkas Margaret. (Andi)

Check Also

8.322 Maba UGM Ikuti PPSMB Tahun Ini

UGM Terima 2.141 Calon Mahasiswa Jalur SNMPTN

Edupost.id – Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan (PPK) UGM, Djagal Wiseso Marseno mengatakan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=