Jumat , 20 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Kokesma ITB Raih Predikat Koperasi Pemasaran Terbaik

Kokesma ITB Raih Predikat Koperasi Pemasaran Terbaik

BANDUNG – Koperasi Kesejahteraan Mahasiswa (Kokesma) ITB meraih predikat koperasi pemasaran terbaik dari Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Bandung tahun ini. Sebagai koperasi pemasarn terbaik di Kota Bandung, Kokesma ITB dipersiapkan untuk mewakili Kota Bandung pada tingkat nasional.

Penghargaan diberikan secara langsung oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil, pada Agustus lalu. Kokesma ITB berhasil mengungguli koperasi mahasiswa perguruan tinggi lain dan koperasi non-mahasiswa yang ada di Kota Bandung.

Kokesma ITB dinilai unggul dalam berbagai aspek penilaian yang meliputi, ketepatan waktu dalam melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), ketertiban dalam hal laporan keuangan, Kebaikan dalam pengarsipan data hingga lima tahun kebelakang, omset usaha yang dinilai baik, serta kepatuhan pada hukum dan peraturan yang berlaku, dengan meninjau ketaatan perilaku membayar pajak, dan manajerial karyawan.

Kokesma ITB menjadi wadah bagi para mahasiswa ITB untuk belajar kewirausahaan sekaligus berorganisasi. Salah satu anggota aktif Kokesma ITB, Vermona berpendapat bahwa berkecimpung di Kokesma ITB memberikan ilmu bagaimana melakukan manajerial terhadap karyawan sekaligus mengontrol unit usaha.

Ketua Kokesma saat ini, Mohamad Hanifan (Teknik Fisika 2012), menuturkan bahwa Kokesma ITB akan terus memperbaiki kekurangan-kekurangan administrasi yang ada sebagai suatu badan hukum dan badan ekonomi yang legal, serta akan terus berusaha untuk menjadi koperasi yang profesional.

Empat buah unit bisnis yang sudah dikenal luas civitas akademika ITB, yaitu Kantin Barat Laut (KBL), unit usaha JNE-ITB, Toko Kesejahteraan Mahasiswa (Tokema) Ganesha, dan Tokema Jatinangor.

Saat ini, Kokesma ITB beranggotakan lebih dari 140 orang yang terbagi kedalam enam buah bidang, yaitu personalia yang melakukan manajerial karyawan, usaha, Pengembangan Manajerial Sumberdaya Manusia (PMSDA), dan kesekretariatan. (ITB/IK-SS)

Check Also

guru-mengajar

Kota Yogyakarta Belum Terapkan Permendiknas Tentang Sumbangan

Edupost.ID – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta, Edy Hery Suasana menyatakan belum akan memberlakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *