Senin , 26 Juni 2017
Home / Kabar Kampus / Kompolnas Presentasi di Pekan Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana UII

Kompolnas Presentasi di Pekan Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana UII

Edupost.ID, Yogyakarta – Dulu, persengketaan di antara dua orang diselesaikan secara privat. Kemudian, setelah ada instrumen negara, maka diambil alih oleh sistem hukum di negara seperti sekarang. Mediasi penal menjadi salah satu bentuk alternatif penyelesaian sengketa di luar pengadilan. Di dalam lingkup POLRI, mediasi penal adalah sebuah keniscayaan.

Hal itu disampaikan oleh DR. M. Nasser SPKK D.LAW, seorang komisioner Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS) dalam acara Seminar dalam rangkaian acara Pekan Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana UII, Kamis (23/4) di kampus UII Jl. Cik Ditiro.

Nasser dalam makalahnya juga menyebutkan bahwa mediasi ini harus dilakukan dengan langkah-langkah sistematis agar jangan sampai mediasi penal justru memberi peluang terjadi penyimpangan oleh salah satu pihak yang bersengketa. Selain itu, juga dibuat payung hukum yang jelas untuk menjamin pelaksanaan mediasi penal ini.

Hadir dalam seminar ini dua pembicara lain. Mereka adalah DR. M. Arif Setiawan, SH.,MH., pakar hukum dari UII, dan Nanik Kushartanti, M.Hum., Kejaksaan Tinggi DIY.

DR. M. Arif Setiawan, SH.,MH, dalam makalahnya menyebutkan bahwa dalam bidang kedokteran, bukan tidak mungkin dilakukan mediasi penal dalam kasus mal praktek dokter. Namun demikian, tetap harus ditopang dengan dasar hukum positif yang kuat mengingat terdapat alasan yang masuk akal dalam mendukung gagasan tersebut. (Andi)

Check Also

Rahasia Reptil Bisa Ganti-ganti Kelamin

Reptil Bisa Ganti-ganti Kelamin, Ini Rahasianya

Edupost.id – Pada sejumlah spesies reptil, perubahan suhu dapat menyebabkan pergantian jenis kelamin. Hal itu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *