Selasa , 24 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Kos Sempit, Mahasiswa UNY Ciptakan Tempat Tidur Bunglon
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Kos Sempit, Mahasiswa UNY Ciptakan Tempat Tidur Bunglon

Edupost.id, Yogyakarta – Kamar kos yang sempit sering menjadi kendala bagi mahasiswa, kadang tak cukup untuk menampung tempat tidur, rak buku, dan meja belajar. Namun, berkat karya tim mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), permasalahan itu akan teratasi. Mereka berhasil membuat tempat tidur serbaguna yang diberi nama “Bunglon Multifunction Bed” (BMB).

Tim mahasiswa tersebut yakni Agung Pratama Putra, Ahmad Zainudin, dan Dwi Nor Wibowo. Mereka mencoba membuat kasur dengan kerangka penyangga yang dapat dilipat lebih dari dua kali. Alat ini dirancang untuk ruangan yang tidak terlalu luas atau minimalis. Tempat tidur ini memiliki panjang 1.880 mm dengan lebar 900 mm dan tinggi 760 mm menjadikan tempat tidur ini sangat menghemat ruangan seperti kos mahasiswa.

Keunggulan utama dari tempat tidur ini adalah dapat dilipat-lipat untuk difungsikan sebagai tempat tidur datar, tempat tidur santai, kursi sofa, serta rak dan meja belajar.

“Pertama adalah tempat tidur datar dan pada posisi kepala tempat tidur dilengkapi dengan tiang penahan yang berguna sebagai penahan bantal atau guling, yang kedua adalah tempat tidur santai yakni bagian atas tempat tidur dapat dinaikkan sesuai keinginan. Lalu, kursi sofa yang nyaman dengan sandaran dan terakhir adalah Rak dan meja saat rangka dilipat keatas terdapat rak dan meja laptop sehingga buku dan tas pun dapat disimpan di situ,” cerita Dwi Nor Wibowo, salah satu anggota kelompok kepada Edupost.id.

Dalam waktu dekat, tempat tidur serbaguna ini akan segera dapat dibeli di pasaran dengan kisaran Rp. 2.000.000. Karena itu, tim UGM akan melakukan pengembangan desain dan penguatan rangka BMB. (Andi)

Check Also

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Edupost.ID – Pasca kisruh dan mandeknya tuntutan aksi bela rakyat 121 yang diselenggarakan di 19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *