Minggu , 22 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / KRI 2016, Tim Robot UNY Lolos ke Putaran Nasional
Robot ciptaan tim UNY yang berhasil meraih juara dalam Kontes Robot Nasional Regional III di UII tahun 2013 lalu
Robot ciptaan tim UNY yang berhasil meraih juara dalam Kontes Robot Nasional Regional III di UII tahun 2013 lalu. (foto: UNY dok.)

KRI 2016, Tim Robot UNY Lolos ke Putaran Nasional

Edupost.id, Yogyakarta – Tim Robot Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyatakan kesiapannya untuk tampil dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional 2016. Kepastian ini diperoleh setelah berhasil merebut empat juara dari lima bidang yang dilombakan pada KRI Regional Tiga 2016 yang diselenggarakan di Auditorium Imam Bardjo, Universitas Diponegoro, Semarang, 21 – 23 April lalu.

Wakil Dekan III Fakultas Teknik (FT) UNY, Giri Wiyono ketika dijumpai di ruang kerjanya mengatakan, UNY mengirimkan lima Tim Robot yang didominasi oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro dan Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNY. Mereka akan berlaga pada KRI Regional 3. Dari lima tim itu, sebanyak empat tim dipastikan lolos ke putaran final karena berhasil menyabet juara satu dan dua.

“Juara 1 Kontes Robot ABU Indonesia, Juara Desain Terbaik Kontes Robot ABU Indonesia, Juara Strategi Terbaik Kontes Robot ABU Indonesia, Juara 2 Kontes Robot Pemadam Api Berkaki Indonesia, Juara 2 Kontes Robot Sepak Bola Indonesia, Juara 2 Kontes Robot Seni Tari Indonesia, dan Peringkat 5 Kontes Robot Pemadam Api Beroda Indonesia,” ujar Giri membeberkan prestasi Tim UNY, hari ini (25/4).

Dari hasil itu, hanya tim Kontes Robot Pemadam Api Beroda Indonesia yang belum bisa melaju ke putaran nasional. Dikatakan Giri, pada ajang ini para mahasiswanya sudah bekerja sangat bagus. Prestasi yang diraih mahasiswanya menurut Giri karena adanya pembinaan dan kaderisasi yang baik. Namun, tentu saja masih ada yang harus dievaluasi sebelum tampil di tingkat nasional. “Mental yang baik sangat penting pada kontes robot. Kalau mentalnya kurang baik, robotnya juga bisa ikut tidak bisa bekerja,” imbuh Giri.

Selain UNY, Sebanyak 30 universias lain dari Jawa Tengah, DIY dan Kalimantan juga mengikuti KRI Regional Tiga ini. Mereka adalah tim yang telah lolos dari seleksi tahap I di propinsi masing-masing.

KRI 2016 sendiri diselenggarakan di empat Wilayah Tingkat Regional. Untuk Regional Satu meliputi Wilayah Sumatera dan sekitarnya, Regional Dua meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan sekitarnya, Regional Tiga meliputi Wilayah Jawa Tengah, DIY dan sekitarnya Regional Empat meliputi Jawa Timur dan sekitarnya.

Nantinya, pemenang dari Kontes Regional akan diundang untuk ikut serta dalam Kontes Robot tingkat Nasional pada tanggal 1-4 Juni 2016 di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). (Andi)

Check Also

Resmi Terbentuk, IGMP Matematika Akan Gelar Konferensi Internasional Matematika

Edupost.ID – Guru matematika di seluruh Indonesia saat ini sudah terwadahi dalam sebuah organisasi baru, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *