Rabu , 20 September 2017
Home / Kabar Kampus / KRI Regional III, Tim Robotika UGM Sabet Dua Emas
Kontes Robot Regional III
Tim robot UGM di Kontes Robot Regional III (foto: UGM dok.)

KRI Regional III, Tim Robotika UGM Sabet Dua Emas

Edupost.id, Yogyakarta – Tim robotika Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih dua medali emas dan satu perunggu dalam ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional III di kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang pada Sabtu, 23 April lalu.

Pada kontes robot se-Jawa Tengah dan DIY ini, UGM meraih medali emas pada Kontes Robot Pemadam Api Beroda Indonesia (KRPAI Beroda), dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). Pada KRSTI, robot karya UGM sekaligus meraih predikat the best artistic. Sementara, medali perunggu diraih pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). Pada kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Robot UGM hanya berhasil mendapatkan juara harapan 1.

Ketua Pelaksana Gadjah Mada Robotic Team (GMRT), Falanas Farhan mengatakan, selama berlaga di kontes robot ini, tim robot UGM tidak menemui kendala yang berarti. Mereka hanya perlu melakukan penyesuaian dan adaptasi robot di lapangan sebelum bertanding.

“Untuk robot Alfalah yang berkompetisi dalam KRPAI beroda berhasil mengungguli robot lainnya dengan berhasil mencari dan memadamkan sejumlah titik api serta menyelamatkan korban dengan cepat,” jelas mahasiswa Departemen Teknik Mesin dan Industri ini di Kampus UGM.

Ditambahkannya, robot Alfan yang berlaga di KRSTI, berhasil menjadi juara karena kemampuannya menampilkan tarian topeng betawi yang elegan dan luwes. Bahkan, desainnya yang menarik membuat robot ini berhasil menyabet penghargaan The Best Artistic.

Berkat capaian ini, Tim Robotika UGM berkesempatan maju ke Kontes Robot Tingkat Nasional tahun 2016. KRI Nasional akan dihelat di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada 1-4 Juni 2016 mendatang.

KRI Regional III diikuti sekitar 90 tim robotika dari berbagai perguruan tinggi di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Kontes robot ini mempertandingkan 5 kategori lomba, yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Beroda, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), serta Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). (Andi)

Check Also

Universitas Pertamina

Universitas Pertamina Tumbuhkan Pemahaman Teknologi Siswa SMA

Edupost.id – Pesatnya perkembangan teknologi informasi di masyarakat saat ini, Universitas Pertamina melalui slogannya, “Be …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *