Kamis , 21 September 2017
Home / Kabar Kampus / Kuliah Gratis! UGM Janjikan 18 Persen Mahasiswa Tidak Mampu Bebas Biaya

Kuliah Gratis! UGM Janjikan 18 Persen Mahasiswa Tidak Mampu Bebas Biaya

Yogyakarta- Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menjanjikan akan menggratiskan biaya kuliah untuk 18 persen dari total mahasiswa baru tahun akademik 2013, yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

“Mahasiswa baru sebanyak itu diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Mandiri UGM,” ujar Rektor UGM, Pratikno, dilansir dari Antara.

Di luar program tersebut, lanjutnya, UGM juga akan memberikan beasiswa lain yakni  27 persen untuk mahasiswa baru tahun akademik 2013. Beasiswa ini tidak untuk semua biaya, tetapi hanya sebagian dari biaya kuliah di UGM.

“Jadi, sekitar 45 persen mahasiswa baru UGM tahun akademik 2013 akan menerima subsidi beasiswa,” ucap Pratikno.

Mengenai pola penerimaan mahasiswa baru 2013, Pratikno menjelaskan, UGM tetap mengacu pola kebijakan nasional. “Apa pun pola seleksi, baik SNMPTN, SBMPTN, maupun Ujian Mandiri, UGM tetap `concern` menjaring mahasiswa berdasarkan kualitas, merepresentasikan sebaran wilayah, dan sebaran status sosial,” terangnya.

Ia menambahkan, mahasiswa baru yang diterima di UGM bukan hanya untuk mereka yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya serta bukan hanya untuk mereka yang berasal dari keluarga kaya. (Edu)

Check Also

siswa sd ikuti pesantren kilat ramadhan

Pendidikan Bukan Hanya untuk Cetak Anak Pandai

Edupost.id – Pendidikan seharusnya bukan hanya mencetak anak pandai secara akademis. Pendidikan justru diharapkan dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *