Selasa , 25 April 2017
Home / Kabar Kampus / Kuota Maba IPB 2016 Masih Seperti Tahun Lalu

Kuota Maba IPB 2016 Masih Seperti Tahun Lalu

Edupost.ID, Bogor – Penerimaan mahasiswa baru di Institut Pertanian Bogor (IPB) terdiri dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI). Jalur masuk IPB ini akan dimulai Februari mendatang. Pihak kampus masih menetapkan kuota berdasarkan acuan tahun 2015 yaitu SNMPTN sebanyak 2139 orang, SBMPTN 1077 orang, dan UTMI 357 orang.

“Kami mengikuti tata cara penerimaan melalui SNMPTN dan SBMPTN . Kuota masih sama seperti tahun lalu. Tahun ini tidak ada pembukaan prodi baru,” ujar Yatri Indah Kusumastuti, Kepala Biro Hukum, Promosi dan Hubungan Masyarakat IPB Dramaga kepada Edupost.ID.

Terkait UTMI, Yatri menjelaskan,  jalur ini merupakan salah satu cara penerimaan mahasiswa program sarjana IPB yang berbasis kepemimpinan, kewirausahaan, dan cinta pertanian.  Metode seleksi yang digunakan adalah ujian tulis. Selama mengikuti pendidikan di IPB, mahasiswa yang masuk dari jalur UTMI akan mendapat muatan softskill khusus untuk meningkatkan kualitas personalnya dalam hal kepemimpinan dan kewirausahaan serta rasa cinta terhadap pertanian.

Program studi yang disediakan, menurut Yatri, yaitu Fakultas Pertanian (FAPERTA), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Fakultas Peternakan (FAPET), Fakultas Kehutanan (FAHUTAN). Kemudian, Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), dan Sekolah Bisnis.

Selain program S1, Yatri menerangkan terdapat program lainnya yaitu Komunikasi, Ekowisata, Manajemen Informatika, Teknik Komputer, Supervisor Jaminan Mutu Pangan, Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi, Teknologi Industri Benih, Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya. Selain itu, ada Teknologi dan Manajemen Ternak, Manajemen Agribisnis, Perencanaan dan Pengendalian Produksi Manufaktur atau Jasa, Analisis Kimia, Teknik dan Manajemen Lingkungan, Akuntansi, Paramedik Veteriner, Teknologi Produksi dan Pengembangan Masyarakat Pertanian, dan Perkebunan Kelapa Sawit.

Sementara untuk pascasarjana, tambahnya, terdapat di Fakultas Pertanian (FAPERTA), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Fakultas Peternakan (FAPET), Fakultas Kehutanan (FAHUTAN). Kemudian, Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), dan Program Multidisiplin. (Nisa)

Check Also

bill-gates

Bill Gates saja Larang Anaknya Miliki Ponsel

Edupost.id – Mungkin sebagian besar orang mengira pria terkaya di dunia, Bill Gates pasti tak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *