Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Laboratorium Selam Ilmiah IPB Gelar Divedulogy Summer Camp 2017
ITK-Summer Camp
ITK-Summer Camp

Laboratorium Selam Ilmiah IPB Gelar Divedulogy Summer Camp 2017

Bogor – Laboratorium Selam Ilmiah Bagian Hidrobiologi Laut Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Divedulogy Summer Camp (15-17/7). Divedulogy Summer Camp adalah mengenai penyelaman level Advanced dan Scientific diving secara langsung di perairan terbuka.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pulau Pramuka ini diikuti oleh 10 orang mahasiswa yang bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penyelaman ilmiah, mampu menggunakan kamera bawah air dan pengoperasian drone, memahami analisa data Coral Point Count with Excel Extension (CPCe) dan meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam menulis ilmiah.

Ketua Pelaksana Divedulogi 2017, Prakas Santoso S.Ik mengatakan setelah mempelajari cara menggunakan drone yang baik, selanjutnya peserta diajarkan pengolahan citra drone menggunakan software pemetaan yaitu Agisoft yang menghasilkan sebuah peta dari hasil citra ortomosaic foto.

Materi terakhir adalah pengambilan data ekologi terumbu karang menggunakan metode Line Intercept Transect (LIT); mempelajari bagaimana cara menebarkan rol yang baik dan benar serta pengambilan foto transek dan peletakan transek. Data tersebut dapat dianalisis menggunakan CPCe ke dalam software .

Kepala Laboratorium Selam Ilmiah ITK, Beginer Subhan, M.Si menyampaikan bahwa sistem dan metode pembelajaran di Divedulogy Summer Camp 2017 merupakan metode pembelajaran yang baru dan cukup berbeda dengan apa yang telah dilaksanakan selama ini.

Pada sistem pembelajaran ini mahasiswa ditekankan pada aspek teknis seperti pemasangan transek dan tehnik fotografi untuk biota laut seperti ikan, karang dan avertebrata lainnya. “Oleh karena itu, kami mengundang secara khusus salah satu Scientific Underwater Photographer Indonesia Ramadian Bachtiar, M.Si sebagai instruktur,” ujarnya. (NM)

Check Also

Purwiyatno Hariyadi terpilih sebagai Vice Chair Codex Alimentarius Commission (CAC) 2017-2019

Guru Besar IPB Terpilih sebagai Vice Chair Codex Alimentarius Commission

Bogor – Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian (ITP-Fateta) Institut Pertanian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *