Selasa , 12 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Lampu Ciptaan Mahasiswa UGM Ini Bantu Dokter Periksa Gigi Pasien

Lampu Ciptaan Mahasiswa UGM Ini Bantu Dokter Periksa Gigi Pasien

YOGYAKARTA – Kesulitan yang sering dialami para dokter gigi saat memeriksa gigi pasien sekrang telah teratasi berkat inovasi lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada. Mereka menciptakan Portable Medical Finger Glow (Mediglow), sebuah alat penerangan jenis LED yang bisa digunakan pada jari dibalik sarung tangan tenaga medis.

Tim mahasiswa itu terdiri dari Silva Eliana Aspriyanti, Ratih Setyawati (Fakultas Kedokteran Gigi),  Zakaria Abdur Rahman , Dennis Atyugrastiwi (Teknik Industri) dan Muhammad Belva Ababil (Teknik Mesin).

Cara penggunaan Mediglow terbilang sederhana, hanya dengan memasang gelang dan cincin Mediglow kemudian menyelimutinya dengan sarung tangan medis. ”Gelang dan cincin bisa disesuaikan ukurannya dari S,M,L serta warna dan juga coraknya,” ujar Silva Eliana.

Silva menyampaikan, dalam melakukan pelayanan kesehatan, dokter gigi memerlukan alat penerangan rongga mulut seperti senter sebagai sumber cahaya. Sementara itu, dokter juga masih harus memegang alat periksa gigi lainnya.

“Alat ini mudah digunakan dan bisa dibawa ke mana saja bahkan saat pengabdian di derah pelosok karena bersifat portable,”terang Silva.

Selain bersifat portable, keunggulan Mediglow yakni dapat disterilisasi menggunakan ozon dan alkohol. Alat ini juga menerapkan prinsip ergonomi yaitu dimensi alat disesuaikan dengan dimensi postur kerja manusia sehingga pekerja dapat bekerja dengan nyaman.

Kehadiran Mediglow tidak terlepas dari partisipasi mereka dari Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2015 yang didanai oleh DIKTI. Saat ini Mediglow dapat dimiliki dengan harga terjangkau.

Mediglow sudah dipasarkan ke seluruh Fakultas Kedokteran Gigi di Indonesia melalui kerjasama Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI). Mediglow dibanderol dengan harga Rp. 99.000,- dan kini tengah dalam proses pengajuan paten dari Dirjen HKI. (UGM/IL-SS)

Check Also

Sepuluh Universitas Paling Inovatif Tahun 2017

Pimpinan PTN Harus Siap Hadapi Era Disruption Innovation

Edupost.id – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyampaikan, pimpinan PTN harus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *