Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / LAPAN Libatkan ITS dalam Pembuatan Satelit
Institut Teknologi Surabaya (ITS)
Institut Teknologi Surabaya (ITS)

LAPAN Libatkan ITS dalam Pembuatan Satelit

Edupost.id – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali terlibat dalam proyek pembuatan satelit Lapan A5 yang sedang dalam proses produksi, sebelumnya ikut terlibat dalam produksi satelit Lapan A4. Kerja sama pembuatan satelit A5 menggandeng Chiba University.

Chiba University diwakili Josaphat Microwave Remote Sensing Laboratory (JMRSL) milik Prof Josaphat Tetuko Sri Sumantyo PhD. Menurut Albertus, Lapan akan mengerjakan programnya sedangkan Profesor Josaphat akan membuat sensor SAR untuk payloadnya.

Dr Albertus Heru, ketua tim satelit Lapan A5 mengungkapkan, satelit A5 sangat bermanfaat untuk kegiatan perikanan dan maritim. “Banyak kecelakaan di darat atau laut. Saat ini Jepang pun terlalu banyak memiliki jalan tol. Pasti sulit jika melakukan pengawasan satu persatu,” papar Josaphat membagi pengalamannya.

Satelit ini juga dapat mengetahui terowongan-terowongan besar agar dapat menghindari kerobohan. Tak hanya itu, Satelit A5 pun dapat mendeteksi pergerakan teroris.

Sementara itu, Prof Dr Ketut Buda Artana ST MSc, Wakil Rektor Bidang Penelitian, Inovasi, dan Kerja Sama berharap agar ITS dapat banyak memberi kontribusi untuk pengembangan Satelit Lapan A5 ini. “Butuh kerja sama baik dari Lapan, Chiba University, dan ITS. Saya berharap dengan kerja sama ini maka peran ITS akan semakin terlihat dalam kerja sama ini,” ungkapnya.

Tahun ini, Satelit Lapan A5 telah melalui tahapan Desain Flight Model. Tahun depan perkembangannya menargetkan preliminary design review dan Flight model SAR. Sedangkan target peluncurannya pada tahun 2021 akhir atau awal tahun 2022. (IK-SS)

Check Also

ITS Boyong Empat Piala Walikota Cup Surabaya

ITS Boyong Empat Piala Walikota Cup Surabaya

Edupost.id – Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil memboyong empat piala Walikota Cup …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *