Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Ledakan yang Terjadi di Laboratorium UI, Lukai 15 Mahasiswa

Ledakan yang Terjadi di Laboratorium UI, Lukai 15 Mahasiswa

DEPOK- Sebuah ledakan kecil terjadi di salah satu laboratorium kompleks Universitas Indonesia (UI), Depok, Senin (16/3). Kejadian tersebut tidak tidak menimbulkan korban jiwa, namun menyebabkan 15 orang mahasiswa terluka dan dua diantaranya mengalami luka serius.

Ledakan tersebut terjadi di ruang laboratorium Kimia Kualitatif, Lantai 2 Gedung J Fakultas Farmasi UI (FFUI) sekitar pukul 10.30 WIB di saat para mahasiswa FFUI menjalankan kegiatan perkuliahan praktikum di lab.

Aparat kepolisian dari Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polresta Depok datang ke lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Sementara itu, Humas UI, Egia Tarigan menyampaikan, tim laboratorium mengaku sudah melaksanakan kegiatan di laboratorium sesuai SOP yang ada. Kejadian ini lebih disebabkan kelalaian mahasiswa dalam melaksanakan prosedur kegiatan praktikum yang ada.

“Tim Laboratorium sudah menjalankan tugasnya sesuai SOP (standar operasional prosedur). Namun musibah terjadi ketika kegiatan praktikum telah berjalan, karena mahasiswa terlambat mengangkat pemanas Bunsen hingga larutan sampel dalam labu destilasi hampir kering,” terangnya.

Luka yang dialami para korban berupa luka jahitan dan luka di bagian sekitar wajah dan leher akibat serpihan kaca dari labu destilasi. Tidak ada yang mengalami luka karena bahan kimia.

“Tidak ada yang terluka akibat bahan kimia, karena pada praktikum tersebut tidak menggunakan bahan kimia berbahaya,” tambahnya.

Berdasarkan laporan dari Tim Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan FFUI, kronologis kecelakaan tersebut adalah sebagai berikut:

Pukul 08.00 – 09.00 WIB   : Persiapan + Briefing (dipandu oleh Laboran dan Teknisi).

Pukul 09.00 – 09.30 WIB    : Pemasangan alat destilasi oleh mahasiswa yang dibantu oleh laboran.

Pukul 09.30 – 10.00 WIB    : Praktikum dimulai

Pukul 10.30 WIB                   : Labu destilasi meledak, sejumlah mahasiswa terkena  serpihan labu destilasi. Mahasiswa yang terluka langsung dilarikan ke Rumah Sakit terdekat (R.S. Graha Permata Ibu dan RS Bunda).

Egi menyatakan, pihaknya turut bersedih atas kecelakaan ini dan berharap kejadian ini tidak terulang lagi.

“UI berharap dan berupaya agar musibah ini tidak akan terulang di masa yang akan datang. Ke depannya, para civitas akademika UI khususnya program studi yang menjalankan kegiatan praktikum diharapkan dapat terus berhati-hati, fokus dan tetap selalu mengikuti instruksi dan prosedur yang telah ditetapkan,” papar Egi.

Check Also

oxford-university

Kampus Luar Negeri yang Diakui Dikti

Edupost.id – Menempuh pendidikan di luar negeri menjadi salah satu pilihan yang diambil sebagian orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *