Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Lezatnya Durian Semar Inovasi Peneliti UNS
Durian-semar-UNS
Durian

Lezatnya Durian Semar Inovasi Peneliti UNS

Edupost.id – Durian atau duren termasuk buah yang banyak disukai orang dan mudah ditemui di banyak tempat. Baru-baru ini peneliti dari Universitas Negeri Solo (UNS), Endang Yuniastuti mengembangkan varian baru yakni durian semar.

Pengembangan jenis varian durian baru ini bermula dari kecintaan Endang terhadap buah yang memiliki tekstur keras tersebut. Awal penelitian pada 2008, Endang mulai melakukan penelitian pada Durian Sukun di Karanganyar. Setelah dilakukan analisis DNA, ternyata Durian Sukun merupakan tetua dari Durian Montong. Namun sayang Durian Sukun saat itu buahnya tidak sebesar Durian Montong.

Cara budidaya masyarakat yang masih turun-temurun menjadi salah satu faktor ukuran Durian Sukun yang tak sebesar Durian Montong. Tak adanya peremajaan setelah penanaman pohon juga menjadikan Durian Sukun menjadi kecil dengan rasa yang tak lagi manis. Melihat keadaan tersebut, Endang kemudian mencoba melakukan perakitan. Istilah perakitan dipilih karena ia tidak melakukan penyilangan seperti yang biasa dilakukan oleh peneliti durian lainnya.

Dalam perakitan Durian Semar ini, Endang menggunakan sistem bawor. Sistem bawor merupakan metode dengan cara menambahkan kaki tambahan di bagian bawah pohon. Dengan menggunakan sistem bawor ini membutuhkan akar yang lebih banyak sehingga harapannya sumber hara yang diambil juga lebih banyak.

Semula, beberapa petani menolak sistem itu. Mereka tidak percaya dengan beberapa inovasi yang dilakukan Endang. “Awalnya mereka nggak mau. Yah memang seperti itu, inovasi nggak akan mudah diterapkan kalau belum ada bukti,” ucapnya.

Seiring berjalannya waktu, para petani tersebut menerima inovasi dalam penanaman pohon durian tersebut. “Ke depannya potensi pengembangan durian ini masih sangat terbuka, tidak hanya di kawasan Gunung Pati, Semarang. Namun juga bisa di lakukan di daerah lainya,” ujarnya. (UNS/IK-SS)

Check Also

Mahasiswa UNS Bantu Korban Kebakaran dengan Aptucos

Mahasiswa UNS Bantu Korban Kebakaran dengan Aptucos

Edupost.id – Tim mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menciptakan alat pemurni udara inovatif …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *