Selasa , 12 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Lezatnya Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY
Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY
Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY (UNY dok.)

Lezatnya Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Edupost.id – Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat terobosan cara pengolahan lele yang berbeda dari yang pernah ada. Lele tersebut dibuat menjadi onde-onde yang merupakan makanan tradisional Jawa. Pengolahan makanan tersebut sudah dipraktekkan dalam kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di Bantul.

Salah satu mahasiswa KKN, Zulistiya Pratika mengatakan, kegiatan pelatihan ini diselenggarakan agar ada inovasi dalam pengolahan ikan lele tidak semata hanya digoreng atau dibakar saja. “Kami berencana akan membudidayakan lele di dusun ini,” ujar Zulistiya.

Pelatihan pembuatan onde-onde ikan lele tersebut dipandu Suwarmi, praktisi olahan lele dari Sleman. Ia menyebutkan, bahan yang dibutuhkan adalah 1 kilogram (kg) tepung terigu, ½ kg gula pasir, 2 sendok makan baking powder, 300 gram mentega, 2 sendok teh vanili, 2 sendok teh garam halus, 2 butir telur, ¼ kg wijen, 2 liter minyak goreng dan ¼ kg ikan lele.

Cara pembuatannya, lanjutnya, ikan lele direbus lalu dihaluskan dengan blender selama 15 menit. “Masukkan gula, telur, mentega, garam, vanili dan kocok sampai putih. Setelah itu masukkan tepung terigu, baking powder, dan ikan lele yang telah diblender. Kemudian diuleni hingga kalis. Selanjutnya adonan tadi dibuat menjadi bulatan kecil-kecil, dicelupkan dalam air dan dilumuri wijen hingga merata. Adonan digoreng hingga matang berwarna kekuningan dan siap disajikan, ” papar Suwarni.

Seperti diketahui, dalam satu porsi ikan lele mengandung gizi yang cukup banyak, diantaranya 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 mg asam lemak omega-6. Selain itu, lele mengandung 15,6 gram protein yang akan memenuhi semua kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh. Kandungan phospor  pada ikan lele yang mencapai 167 mg/ 100 gm terbukti lebih tinggi dari pada yang terkandung di telur yang hanya 100 mg. (UNY/ IK-SS)

Check Also

Inovator Muda UNY Dianugerahi Silver Medal di Malaysia

Inovator Muda UNY Dianugerahi Silver Medal di Malaysia

Edupost.id – Tim mahasiswa UNY berhasil meraih Silver Medal dalam International Invention & Innovative Competition (InIIC) Series 2 yang dihelat di Cameron …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *