Selasa , 12 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Libur Kuliah, Mahasiswa ITB Magang di Perusahaan SCG Thailand

Libur Kuliah, Mahasiswa ITB Magang di Perusahaan SCG Thailand

BANDUNG – Libur kuliah dimanfaatkan tiga mahasiswa ITB untuk menimba ilmu perkuliahan dengan magang di Perusahaan SCG, Thailand. Ketiga mahasiswa itu ialah Anbibie (Teknik Kimia 2013), Vinsensius Hansen (Teknik Mesin 2013), dan Robert (Teknik Mesin 2012). Mereka mengikuti kegiatanSCG International Internship 3 yang diadakan perusahaan Siam Cement Group (SCG), perusahaan multinasional asal Thailand.

Sebelumnya, mereka harus melewati tahap seleksi yang cukup ketat yaitu menulis esai dan wawancara dalam bahasa Inggris. Akhirnya mereka bersama tujuh orang mahasiswa lainnya dari Indonesia magang di Thailand sejak Senin (15/06/15) hingga Selasa (14/07/15).

Sebanyak 34 mahasiswa dari Indonesia, Vietnam, Myanmar dan Filipina magang di beberapa perusahaan SCG yang tersebar di Thailand. Anbibie, sebagai mahasiswa Teknik Kimia mendapat tugas untuk bekerja di Map Ta Phut Oleofins Company (MOC). Ia mendapatkan proyek untuk mencari keadaan optimal menara distilasi di pabrik tersebut untuk memaksimalkan kapasitas produksi serta mencari masalah-masalah utamanya lalu memberikan solusi.

Selain mendapatkan pelajaran yang bersifat teknis dan spesifik pada kelimuan masing-masing, Anbibie mengaku, mendapatkan pelajaran hidup selama berinteraksi dengan beragam karakter dan latar belakang orang. Anbibie mengaku kagum dengan budaya orang Thailand yang ramah dan suka menolong baik saat bekerja maupun dalam kehidupan sehari-hari. Budaya egaliter juga diperlihatkan para pegawai SCG yang dapat dilihat dari tidak adanya jarak satu sama lain bahkan dengan pelayan sekalipun. Selain itu, pengalaman mendapatkan teman internasional juga merupakan salah satu yang paling berkesan.

Work smart and work hard should be applied but work smart is more important,” tutur Anbibie. Ia menilai, bekerja cerdas adalah hal penting yang harus dimiliki seseorang untuk dapat sukses di karirnya. Anbibie juga belajar kunci sukses membangun perusahaan hingga menjadi besar dan sukses. “Suatu perusahaan harus memiliki prinsip dan nilai-nilai di dalam perusahaan tersebut sehingga menjadi budaya para pekerjanya,” terangnya. (ITB/IK-SS)

Check Also

Sepuluh Universitas Paling Inovatif Tahun 2017

Pimpinan PTN Harus Siap Hadapi Era Disruption Innovation

Edupost.id – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyampaikan, pimpinan PTN harus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *