Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Lima Guru Yogyakarta Raih Penghargaan Cipta Lagu Anak
guru
Ilustrasi. Guru

Lima Guru Yogyakarta Raih Penghargaan Cipta Lagu Anak

Edupost.id – Lima guru di Daerah Istimewa Yogyakarta ditetapkan sebagai penerima penghargaan dalam Lomba Cipta Lagu Anak 2017. Pada kompetisi untuk guru dari semua jenjang pendidikan pra sekolah hingga menengah itu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY berkeinginan menggali kreativitas guru di bidang seni.

“Berdasarkan keputusan tim juri yang berkompeten, kami memutuskan lima peringkat juara, terbaik,” terang Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji.

Baskara Aji menjelaskan, kompetisi ini digelar untuk menumbuhkan kreativitas guru di bidang seni. Selain itu, dimaksudkan untuk memperkaya lagu anak yang mengandung nilai pendidikan.

Setelah melalui berbagai tahapan penilaian, akhirnya terpilih lima guru terbaik se-DIY dalam kompetisi ini. Peringkat pertama diraih oleh Cicilia Sriningsih dari SD Negeri Ngulakan dengan judul lagu “Satu Hari.” Peringkat kedua Hamdani, guru SMP/SMA Budi Utama Yogyakarta dengan judul “Ibu”.

Jeny Eka Rusadi, guru SBK di SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta menempati posisi ketiga, dengan judul lagu “Cinta Indonesia”. Sebagai peringkat kelima, Victoria Memorita dari SD Tarakanita Bumijo Kota Yogyakarta dengan judul lagu “Karakter dan Tekun Belajar”. Posisi terakhir ditempati Gregorius Unggul Eka, guru SMA BOPKRI 1 Yogyakarta dengan judul lagu “Raih Cita-Cita”.

Diterangjan, materi yang terkandung dalam lagu ciptaan para guru ini antara lain berisi tentang cinta tanah air, kebhinnekaan, lingkungan dan persahabatan, serta nilai luhur budaya seperti kejujuran kerendahan hati, keadilan. Aji juga memastikan, karya kelima guru tersebut merupakan karya asli mereka yang telah dibuktikan melalui surat pernyataan keaslian bermaterai

Rangkaian lomba telah dilakukan sejak 25 Agustus 2017, pada tahap awal pendaftarnya mencapai 265 guru yang menciptakan lagu. Kemudian dipilih 20 guru untuk melakukan presentasi di hadapan dewan juri. (Andi)

Check Also

FLS2N 2017 Resmi Ditutup, DIY Jadi Juara Umum

FLS2N 2017 Resmi Ditutup, DIY Jadi Juara Umum

Edupost.id – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil menjadi juara umum Festival dan Lomba Seni Siswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *