Minggu , 24 September 2017
Home / Kabar Kampus / LPPM IPB Latih Tenaga Pendamping untuk Pengembangan Kedelai
IPB gelar pelatihan pengembangan kedelai
IPB gelar pelatihan pengembangan kedelai (foto: IPB)

LPPM IPB Latih Tenaga Pendamping untuk Pengembangan Kedelai

Edupost.id, Bogor – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan “Pelatihan Tenaga Pendamping: Pengembangan Kedelai di Lahan Pasang Surut dengan Teknologi Budidaya Jenuh Air (BJA)”. Pelatihan yang bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) RI ini di Ruang Sidang Senat Akademik Gedung Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Darmaga Bogor, (28/3).

Kepala LPPM IPB Prastowo saat membuka acara menyampaikan, pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan produksi kedelai dengan teknologi pengembangan BJA. Menurutnya, ada lima langkah terpadu menuju swasembada kedelai nasional, yakni teknologi yang mendongkrak produktifitas (salah satunya dengan teknologi BJA ini), penyediaan benih, penyediaan lahan, pasar yang memadai, dan perbaikan tata niaga.

Direktur Budidaya Aneka Kacang dan Umbi Kementan RI, Maman Suherman menyampaikan, budidaya kedelai nasional saat ini sangat berat dan banyak tantangannya, terutama dalam pengembangan produksi kedelai. “Penerapan Teknologi BJA ini mudah-mudahan dapat diterima oleh petani kedelai di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana Pengembangan Kedelai di Lahan  Pasang Surut dengan Teknologi BJA, Memen Surahman mengatakan, keutamaan dari budidaya jenuh air di lahan pasang surut adalah dapat menghasilkan kedelai dalam jumlah banyak dan meningkatkan pendapatan petani kedelai.

“Hasil dari pelatihan ini akan diterapkan dan dikembangkan di lahan petani pasang surut seperti di wilayah Lampung, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Tengah,” jelasnya.

Pelatihan ini diikuti 14 pendamping lapang, 26 Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) dari enam provinsi, tujuh koordinator pendamping, dan enam PIC lapang. (IPB/ IK-SS)

Check Also

MAN Yogyakarta 1

Siswa MAN 1 Yogyakarta Borong Kejuaraan Lomba Bahasa Inggris

Edupost.id – Empat siswa MAN 1 Yogyakarta berhasil memborong banyak kejuaraan dalam Edsa Youth Competition …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *