Minggu , 26 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Akprind Membuat Kerupuk dari Tulang Ayam

Mahasiswa Akprind Membuat Kerupuk dari Tulang Ayam

YOGYAKARTA – Kesibukan sebagai mahasiswa bukan menjadi hambatan untuk memulai langkah menjalankan usaha atau bisnis. Sejumlah mahasiswa Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Yogyakarta telah membuktikan hal tersebut. Berawal dari tulang ayam yang dibuang karena tidak dimakan, padahal masih memiliki kandungan gizi. Wisnu dan teman-temannya berinisiatif memanfaatkannya sebagai salah satu bahan pembuatan kerupuk.

Wisnu menjelaskan, kerupuk yang ia dan teman-temannya kembangkan terbuat dari bahan-bahan pembuat kerupuk pada umumnya. Yaitu tepung terigu, tepung tapioka, telur, minyak sayur, penyedap rasa, gula pasir, merica, soda kue, bawang merah dan bawang putih yang ditambahkan dengan tulang ayam kampung. Dipilihnya ayam kampung karena menurut Wisnu ayam kampung memiliki rasa yang lebih gurih dan gizi yang lebih daripada ayam potong.

Menurut hasil analisis laboratorium yang telah dilakukan, setiap 100 gr kerupuk tulang ayam kampung ini mengandung kalsium 913,74 ppm, air 3,862 %, abu 2,916 %, lemak 19,871 %, protein 8,796 %, karbohidrat 64,555 %, dan kolesterol 81,2791 mg/100gr. “Ini adalah jajanan yang murah tetapi tetap bergizi dan bebas dari bahan pengawet buatan dan zat-zat berbahaya lainnya” ungkap Wisnu yang mematok harga kerupuk Rp.2000 perkemasan.

Kerupuk tulang ayam kampung ini memiliki 6 rasa, yaitu original, sapi panggang, jagung bakar, balado, pedas, dan keju serta tidak menutup kemungkinan akan didikembangkan rasa-rasa yang lain. “Kami berharap masyarakat semakin peduli dengan makanan, memperhatikan kandungan gizinya dan tentunya memilih makanan baik untuk kesehatan” ucap mahasiswa yang kuliah di jurusan Teknik Lingkungan ini.

Kerupuk Tulang Ayam Kampung merupakan salah satu proposal Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan dari Institut Sains & Teknologi AKPRND yang berhasil mendapatkan pendanaaan dari Ditjen Pendidikan Tinggi pada tahun ini. “Pemesanan dapat melalui akun facebook Chicko Crackers” tutupnya.

(M.Husain Ali.R)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *