Sabtu , 19 Agustus 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Asing Ini Senang Mainkan Angklung Lagu “Rasa Sayange”

Mahasiswa Asing Ini Senang Mainkan Angklung Lagu “Rasa Sayange”

YOGYAKARTA – Mahasiswa internasional di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terlihat antusias memainkan alat musik tradisional, angklung. Mereka mengikuti kelas budaya bagi mahasiswa internasional yang merupakan program Darmasiswa dan KNB dari UNY. Pada kelas budaya tersebut, mahasiswa mengenal serta mempelajari angklung yang merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat.

Sadera, salah seorang mahasiswa program Darmasiswa yang berasal dari Madagaskar, menuturkan, “Alat musik ini bagus dan menyenangkan saat dimainkan, saya sangat menyukainya.” Lagu yang mereka mainkan adalah “Rasa Sayange”, sebuah lagu tradisional yang berasal dari Maluku.

Seven, salah satu mahasiswa KNB dari Rwanda juga sempat menanyakan makna lagu yang dimainkan, apalagi karena keunikan lagu “Rasa Sayange” yang terdapat pantun di dalamnya.

Kelas tersebut dibersamai oleh Panca, salah seorang dosen dari Jurusan Pendidikan Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam mengajar di kelas, Panca dibantu oleh tiga tutor BIPA UNY yang bertugas membantu pelaksanaan kelas budaya serta menjadi fasilitator saat kelas berlangsung.

Untuk mempermudah belajar angklung, mahasiswa membentuk grup sesuai tangga nada yang sama. Lagu lainnya yang dimainkan para mahasiswa itu yakni “Gundul-Gundul Pacul”, lagu tradisional yang berasal dari Jawa Tengah.

Para mahasiswa itu tidak hanya belajar bahasa, tetapi juga budaya Indonesia dengan harapan mereka dapat mengenal Indonesia dengan baik. (UNY/IK-SS)

Check Also

sekolah alam

PPK, Intrakurikuler dan Kokurikuler Tidak Muncul

Edupost.id – Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) kembali angkat bicara terkait polemik penerapan Penguatan Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *