Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Asing Saling Beradu Pidato Bahasa Indonesia

Mahasiswa Asing Saling Beradu Pidato Bahasa Indonesia

MALANG – Delapan mahasiswa asing asal Korea Selatan, Laos, Madagaskar, Tiongkok, Aljazair dan Thailand, saling menunjukkan kebolehannya dalam berpidato menggunakan Bahasa Indonesia. Para mahasiswa asing tersebut bertanding dalam kompetisi pidato yang diadakan oleh unit Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan yang digelar di ruang teater UMM Dome, Senin lalu (11/5) ini dikhususkan bagi mahasiswa program Darmasiswa RI Regional Malang tahun ajaran 2014-2015.

Para mahasiswa asing itu merupakan perwakilan dari berbagai kampus se-Malang. Pada acara puncak, mahasiswa asing yang telah berhasil melewati babak  penyisihan diharuskan berpidato di hadapan ratusan penonton dengan tema “Keberagaman Bahasa dan Budaya Indonesia.”

Walaupun belum lama tinggal di Indonesia, para peserta mengaku sudah cukup mengenal budaya Bangsa Indonesia. “Orang Indonesia sangat ramah, mereka memperlakukan orang asing dengan sangat baik. Hal itu memudahkan saya berkomunikasi dengan mereka,” terang Seong Min Nam, mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) asal Korea Selatan dalam pidatonya.

Berbeda dengan Lee Ji Ho, mahasiswa UMM yang juga berasal dari Korea Selatan mengungkapkan rasa irinya terhadap Indonesia yang kaya akan sumber daya alam (SDA) maupun keberagaman budaya dan bahasa. “Makanya, apakah Indonesia mampu memanfaatkan SDA yang berlimpah itu dengan baik?,” ucapnya kepada seluruh tamu undangan.

Asisten Rektor Bidang Kerjasama Luar Negeri, Soeparto, berharap, kegiatan ini bisa membawa Indonesia menjadi negara yang lebih dikenal di dunia Internasional karena bahasa dan keanekaragaman budayanya. (UMM/IL-SS)

Check Also

Menghardik Anak “Nakal” dapat Membuatnya Takut

Edupost.ID- Saat kekesalan sudah memuncak, tidak jarang orang tua menghardik anak dengan mengatakan, “Anak Nakal” …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *