Selasa , 17 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Asing UNY Mengagumi Upacara Pernikahan Adat Jawa

Mahasiswa Asing UNY Mengagumi Upacara Pernikahan Adat Jawa

YOGYAKARTA – Sebanyak 25 mahasiswa asing yang tergabung dalam program Darmasiswa dan KNB Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tampak mengagumi upacara pernikahan adat Jawa yang sedang berlangsung. Para mahasiswa asing itu sedang mengikuti kelas budaya tentang pernikahan Jawa. Saat itu bertepatan dengan diadakannya upacara adat pernikahan putri dari WR IV, Suwarsih Madya.

Para mahasiswa terkesan dengan acara tersebut. “Di negara saya tidak ada acara seperti ini. Orang menikah hanya mengucap janji dan berpesta,” ujar salah satu mahasiswa Darmasiswa. Mereka juga tak lupa mengabadikan setiap momen dengan kamera.

Acara pernikahan tersebut kental dengan budaya dan adat Jawa. Setiap prosesi adat dilaksanakan dan diikuti dengan khidmat dan sakral. Prosesi pernikahan dimulai dengan acara siraman pengantin perempuan dan laki-laki.

Calon mempelai wanita melakukan sungkem sebagai bukti permohonan doa restu pernikahan mereka kepada orang tua. Upacara Siraman yang berlaku untuk calon pengantin pria dan wanita ini merupakan suatu lambang dan harapan agar calon pengantin menjadi suci, bersih, dan bercahaya.

Perlengkapan yang menyertai rangkaian upacara siraman juga merupakan suatu lambang yang masing-masing mempunyai makna yang mendalam. Misalnya kembang setaman yang ditaburkan ke dalam air yang akan dipakai untuk siraman mengandung arti agar keharuman yang dimiliki bunga siraman tersebut akan meresap ke tubuh calon pengantin hingga menjadi harum tubuhnya dan kelak dapat membawa keharuman nama keluarga di tengah masyarakat.

Sedangkan konyoh manca warna, mengandung arti bahwa dengan lima macam konyoh yang digosok-gosokkan ke tubuh pada saat siraman maka diharapkan bermacam-macam cahaya bersinar menjadi satu dan meresap ke dalam tubuh calon pengantin sehingga tampak cantik dan mempesona.

Sementara dua butir kelapa hijau tua yang diikat menjadi satu mengandung makna agar kelak kedua mempelai selalu hidup rukun dan tetap hidup berdampingan hingga akhir hayat. (UNY/IK-SS)

Check Also

SMA Muha buat Aplikasi Perpustakaan

SMA Muha Luncurkan Aplikasi Perpustakaan mLibsys

Edupost.ID – SMA Muhammadiyah 2 (Muha) Yogyakarta telah meluncurkan aplikasi perpustakaan berbasis Android Mobile Library …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *