Jumat , 22 September 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa FH UMY Mengadakan ‘Revolusi Mental’ Bagi Binaan Lapas

Mahasiswa FH UMY Mengadakan ‘Revolusi Mental’ Bagi Binaan Lapas

Edupost.ID, Yogyakarta – Sebuah penelitian membuktikan bahwa air akan merespon kata-kata positif dengan bentuk yang sangat indah. Hal ini menginspirasi beberapa mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (FH UGM) untuk membuat program pengabdian masyarakat dengan tajuk Revolusi Mental melalui Gelombang Otak dengan Agama Islam.

Tim yang dipimpin oleh Aditya Royandi ini menerapkan konsep keajaiban air tersebut untuk membina warga binaan di lembaga permasyarakatan (Lapas). “Manusia kan 90 % terdiri dari air, maka kami mencoba menerapkan prinsip keajaiban air dalam tubuh manusia”, ungkap Reyhan yang ditemui edupostID di sela – sela melakukan pembinaan warga bnaan di Lapas Wirogunan Yogyakarta Sabtu (11/4) pagi.

Reyhan dan timnya memperdengarkan bacaan ayat suci Al Quran di hadapan 50 warga binaan. Menurut Reyhan, ayat suci tersebut akan mempengaruhi gelombang otak penyembuh. Setelah gelombang otak itu tersentuh oleh gelombang suara bacaan ayat Al Quran, terpengaruhlah mental warga binaan tersebut. Hasil akhirnya akan terhapuslah memori yang mempengaruhi sikap negatif seperti kriminalitas yang dimiliki warga binaan. Harapannya, kata Reyhan, warga binaan tidak akan lagi memiliki pikiran untuk berbuat buruk setelah keluar dari Lapas.

“Acara ini baru tahap awal uji coba. Jika berhasil, tidak menutup kemungkinan akan kami terapkan kegiatan seperti ini di Rutan/Lapas yang lain di Indonesia”, ujar Reyhan. (Andi)

Check Also

kekerasan-seksual-anak

KPAI : Waspada! Kejahatan Seksual Makin Marak di Medsos

Edupost.id – Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pornografi dan Cybercrime, Margaret Aliyatul Maimunah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *