Sabtu , 16 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa FK UB Meraih Medali Emas pada Kompetisi di Thailand

Mahasiswa FK UB Meraih Medali Emas pada Kompetisi di Thailand

Malang- Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB), Imaculata Goldnesia berhasil meraih medali emas dalam ajang Siriraj International Medical Microbiology, Parasitology, Immunology Competition (SIMPIC) 2015 pada hari Jumat (30/1) hingga Senin (2/2). Acara ini diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Siriraj Hospital Universitas Mahidol Bangkok, Thailand.

Kegiatan SIMPIC ini diikuti 36 tim dari kawasan Asia, masing-masing tim terdiri dari empat orang. SIMPIC merupakan ajang bagi para mahasiswa kedokteran di seluruh Asia untuk bertukar pengetahuan dan minat mereka dalam bidang penyakit menular.

Imaculata yang merupakan mahasiswi angkatan 2013 ini mengungkapkan, kompetisi yang diikutinya dibagi menjadiempat babak. Babak pertama yakni mengerjakan soal dan praktikum secara individu.

Ia menerangkan, pada babak kedua yang berbentuk cerdas cermat berkelompok, Imaculata bertanding bersama tim dari UB yaitu Henry Wijaya (FK 2013), Andri Gonius (FK 2012), dan Randy Aliwarga (FK 2012). Kemudian pada babak semifinal berbentuk cerdas cermat individu, dan diakhiri babak final yakni memecahkan kasus secara berkelompok.

Imaculata bersama ketiga temannya terpilih untuk mengikuti kompetisi ini setelah melalui seleksi di FK UB. “Seleksi yang kami ikuti meliputi ujian tulis dan wawancara. Setelah itu kami diminta menulis motivation letter atau surat yang menyatakan minat untuk mengikuti kompetisi ini. Kemudian kami membuat essay tentang Ebola,” terangnya, dikutip dari laman resmi fakultas kedokteran UB.

“Sebelum kompetisi, persiapan kami yakni membahas buku-buku Mikrobiologi, mengerjakan soal-soal Mikrobiologi dan United States Medical Licensing Examination dengan bimbingan dosen Mikrobiologi FK UB dr. Siwipeni Irmawanti Rahayu, M.Biomed,” ujar Imaculata.

Imaculata berhasil meraih medali emas, sementara Andry Gonius dan Henry Wijaya memperoleh medali perunggu.

Check Also

KPAI Temukan Buku IPS Soal Yerussalem selain Penerbit Yudistira

Edupost.id – Buku IPS yang memuat konten bertuliskan “Ibukota Israel adalah Yerussalem” ternyata tidak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *