Minggu , 11 Desember 2016
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa FKM UAD Kuliah di Thailand
Mahasiswa FKM UAD Kuliah di Thailand
Mahasiswa FKM UAD Kuliah di Thailand

Mahasiswa FKM UAD Kuliah di Thailand

Edupost.ID – Yudha Puratmaja, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmd Dahlan (FKM UAD) selama satu semester ke depan akan mengikuti perkuliahan di Faculty Of Public Health, Khon Kaen University (KKU), Thailand. Perkuliahan akan berlangsung hingga Februari 2017. Kesempatan berharga ini ia dapatkan setelah lolos seleksi program besiswa Transfer Kredit.

Beasiswa tersebut ditanggung oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Seleksi dilakukan langsung oleh universitas maupun Kemenristekdikti baik secara administrasi maupun wawancara.

“Selama di KKU Thailand, mahasiswa tersebut akan mengikuti kegiatan perkuliahan yang bisa ditransfer ke sistem kurikulum perkuliahan yang ada di FKM UAD, ” terang Dekan FKM UAD, Rosyidah.

Rosyida menerangkan, kredit transfer merupakan suatu mekanisme pengakuan beban kerja dan prestasi pada suatu lembaga pendidikan tinggi dengan lembaga pendidikan tinggi lainnya. Dalam program ini, Rosyida menegaskan,  Yudha tidak akan kehilangan Sistem Kredit Semester (SKS) dalam perkuliahan di FKM UAD.

Dalam kredit transfer, komponen kualifikasi dapat disetarakan dengan kualifikasi lain dengan menyatukan kredit yang sebanding untuk pencapaian akademis dan prestasi individu. Tujuannya, meningkatkan mobilitas mahasiswa untuk belajar ke luar negeri dan mempererat hubungan antar perguruan tinggi.

Di Thailand, nantinya Yudha tidak hanya mendapat tugas untuk kuliah. Rosyida mengaku telah meminta Yudha untuk mengikuti berbagai kegiatan lainnya. Salah satunya denn melakukan observasi terhadap layanan kesehatan masyarakat di Thailand.

Setelah lolos dalam program ini, Yudha merasa mendapat kesempatan untuk lebih mengembangkan diri. Ia mengaku telah menyiapkan diri semaksimal mungkin untuk menempuh kuliah di KKU, Thailand.

“Ini pengalaman yang jarang didapat. Saya juga merasa bersyukur mendpat banyak bantuan dan arahan dari kampus,” ungkapnya. (Andi)

Check Also

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Mahasiswa UGM Ciptakan Alat Detektor Merkuri

Edupost.ID – Lima mahasiswa Fakultas Teknik UGM berhasil mengembangkan alat pendeteksi merkuri yang disebut Mercury …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *