Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa FMIPA UI Siap Maju ke Mapres Nasional 2017
Universitas Indonesia (UI)
Universitas Indonesia (UI)

Mahasiswa FMIPA UI Siap Maju ke Mapres Nasional 2017

Edupost.id – Mahasiswa jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Yudhistira Oktaviandie terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi Utama Universitas Indonesia (UI) 2017. Dengan demikian, ia siap maju ke pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional tahun ini.

Pemenang kedua adalah Alif Azadi Taufik, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Muhammad Radhiyan Pasopati Pribadi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebagai pemenang ketiga. Mapres Utama UI akan mewakili UI dalam seleksi mahasiswa berprestasi Tingkat Nasional dan bersaing dengan para Mahasiswa Berprestasi Perguruan Tinggi se-Indonesia pada bulan Juli 2017.

Pemenang Mapres Utama UI mendapatkan uang pembinaan pendidikan sebesar Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah).  Sedangkan pemenang kedua mendapatkan uang pembinaan pendidikan sebesar Rp 7.500.000 (tujuh juta lima ratus ribu rupiah) dan pemenang ketiga memperoleh Rp 5.000.000 (lima juta rupiah). Sistem penilaian Mapres Tingkat Utama UI 2017 berdasarkan penilaian CV, karya ilmiah dan presentasi, psikotes, serta kemampuan Bahasa Inggris.

Para Mapres juga diwajibkan melakukan penelitian sesuai bidang keilmuannya masing-masing dengan topik yang relevan akan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini. Beberapa judul karya ilmiah diantaranya “Go! TONGROYONG: Inovasi Teknologi Pemberdayaan dan Partisipasi Masyarakat dalam tata kelola sampah di DKI Jakarta oleh Muhammad Radhiyan Pasopati Pribadi (FISIP), Photobireactor Lepas Pantai untuk Produksi Biofuel Berbasis Mikroalga Hasil Rekayasa Genetik Sebagai Solusi Energi Keberlanjutan di Indonesia oleh Yudhistira Oktaviandie (FMIPA), Memahami Organisasi Teroris Dari Perspektif Ilmu Manajemen oleh Alif Azadi Taufik (FEB), FOOSHION: Food Sharing Revolution Sebagai Inovasi Teknologi Reduksi Sampah Makanan Berbasis Partisipasi Masyarakat di Jakarta oleh Asti Shafira (FKM).

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Utama UI merupakan acara tahunan dimana pada tahun 2017 tema acara adalah ” Mahasiswa Universitas Indonesia Yang Unggul Untuk Kemajuan Bangsa”. Selain pemilihan Mapres Utama UI, Malam Apresiasi Prestasi Mahasiswa UI 2017 juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para mahasiswa UI yang berprestasi dalam bidang penalaran (olimpiade sains,sosial karya ilmiah, dsb), Olahraga (Bulutangkis, Softball, Berkuda, dll), Seni (Marching Band, Paduan Suara, Tari Tradisonal dan Modern Dance) dan Budaya. Tidak kurang dari 524 prestasi akademik maupun non akademik tingkat nasional dan internasional berhasil ditorehkan mahasiswa UI pada periode Januari 2016 – Desember 2016. (IK-SS)

Check Also

Universitas Indonesia (UI)

UI Terima 1.481 Mahasiswa Baru melalui SNMPTN

Edupost.id – UI menerima 1.481 mahasiswa baru S1 Reguler dari total pendaftar SNMPTN 2017 sebanyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *