Minggu , 28 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa IPB Ajarkan Islam melalui Permainan Iqropolly
Mahasiswa-IPB-ajarkan-islam-melalui-permainan-iqropolly
Mahasiswa IPB ajarkan Islam melalui permainan Iqropolly (foto:IPB)

Mahasiswa IPB Ajarkan Islam melalui Permainan Iqropolly

Edupost.id – Kasus kenakalan remaja yang kian memprihatinkan menunjukkan kurangnya pendidikan agama yang diberikan sejak dini. Hal itu mendorong lima mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) membuat inovasi permainan Iqropolly untuk mengajarkan Islam kepada anak-anak.

Para mahasiswa IPB itu terdiri dari Agung Suharyana, Muhamad Yusuf, Rosyid Amrullah, Novan Aji Imron, dan Rasi Tamadhika Fajar.

“Kami sangat miris melihat anak-anak bermain mainan yang kurang mendidik, apalagi permainan tersebut jauh dari nilai agama khususnya agama Islam,” terang Agung, Ketua Tim Penggagas Iqropolly.

Iqropolly merupakan media permainan yang memiliki muatan agama Islam yang dipadukan metode belajar yang asyik dan menyenangkan bagi anak. Kelima mahasiswa tersebut berhasil menciptakan nuansa baru belajar agama Islam dengan cara mendongeng, tebak kata, drama, hingga ke praktik.

“Iqropolly telah diaplikasikan di Kampung Adat Urug, Desa Kiara Pandak, Kecamatan Sukajaya, Bogor. Kampung tersebut merupakan kampung adat yang memiliki aktivitas kerohanian masih terbatas, karena tidak adanya remaja masjid. Sasaran program diaplikasikan kepada anak usia dini di perkampungan adat tersebut yang sebagian besar bersekolah di SDN 2 Kiara Pandak,” ujarnya.

Kepala SDN 2 Kiara Pandak, Apit Taufik Ridwan mengatakan Iqropolly sangat bagus untuk dikembangkan dalam dunia pendidikan. Selain membantu anak-anak mengenal akhlak islami, juga mengajak masyarakat untuk saling mengenal ajaran Islam secara benar.

Kedepannya, permainan iqropolly akan disempurnakan lebih baik agar memiliki daya jual tinggi untuk dikomersilkan. “Kami berharap Iqropolly menjadi salah satu usaha kreatif mahasiswa karena memiliki peluang yang menjanjikan,” ujar Lindawati. (IK-SS)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Lima Prodi Favorit di IPB Tahun Ini

Edupost.id – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan. Dari hasil tersebut diketahui, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *