Rabu , 26 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa IPB Ciptakan Del’covy, Kreasi Teri Medan

Mahasiswa IPB Ciptakan Del’covy, Kreasi Teri Medan

Edupost.id, Bogor – Tim mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil meraih Juara 1 Lomba Proposal Bisnis Young Social Entrepreneur on Food (YSEOF). YSEOF kali ini mengangkat tema social entrepreneur muda dalam bidang pangan dan diikuti  mahasiswa dari seluruh Indonesia dan dipilih sepuluh tim terbaik.

Kompetisi ini digelar oleh Agrisocio bekerjasama dengan South East Asian Food and Agricultural Science and Technology (Seafast), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB dan Badan Standarisasi Nasional (BSN) pada April lalu.

Tim IPB tersebut terdiri dari Hafizh Abdul Aziz, Nur Indah Sari, Balada, Adi Tri Hartanto, dan Purnama Arafah. Mereka mempresentasikan proposal bisnis tentang usaha ikan teri medan varian rasa dengan nama Del’covy. Del’covy  merupakan produk diversifikasi hasil perikanan berupa ikan teri medan ready to eat dengan varian rasa, diantaranya balado, sapi panggang, keju, dan jagung manis.

Hafizh menyebutkan, Del’covy memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan produk sejenis yaitu dapat langsung dimakan, tersedia dalam beberapa rasa, mengandung Omega-3 karena kandungan ikan teri serta minyak yang digunakan minyak omega-3, kemasan menarik, mudah dicampur dengan berbagai makanan dan lebih murah dibanding produk sejenis.

Segmentasi pemasaran Del’covy meliputi masyarakat baik kalangan bawah hingga atas. Produk ini juga dalam rangka mendorong konsumsi ikan di Indonesia dan mengkampanyekan #YukMakanIkan sebagai usaha penyadaran gizi masyarakat bahwa dengan mengkonsumi ikan itu sehat dan meningkatkan kecerdasan anak. Selain itu, tim tersebut memberdayakan ibu rumah tangga dalam Pos Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA)  Desa Babakan, Kecamatan Dramaga dalam produksi.

Hafizh menyampaikan, alasannya memilih tema tersebut atas dasar latarbelakang mereka sebagai mahasiswa Teknologi Hasil Perairan dan juga sebagai bentuk kepedulian untuk mengangkat permasalahan gizi di Indonesia serta menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

“Kami sangat senang meraih juara ini. Harapannya ini menjadi pemacu semangat kami agar tetap berkarya demi Indonesia. Target ke depannya dapat mengikuti ajang PIMNAS 2016 serta dapat bekerjasama dengan beberapa pihak agar dapat meningkatkan hasil penjualan produk,” ungkapnya dalam siaran pers.  (IPB/ IK-SS)

 

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *