Sabtu , 22 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa IPB Ciptakan Inovasi Lumpia Isi Buah
Tim Sun Crispy IPB, Sunarya ,Purnomo Edy A, dan Siti Nabila Yuniar .

Mahasiswa IPB Ciptakan Inovasi Lumpia Isi Buah

Edupost.id, Bogor – Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menciptakan inovasi jajanan lokal khas Bogor berupa lumpia isi buah yang diberi nama Sun Crispy. Dengan penemuan ini, tim Sun Crispy meraih juara harapan dalam kompetisi Agri Festival (AGRIFEST) 2016 di Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar beberapa waktu yang lalu.

Mereka adalah Sunarya dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, Siti Nabila Yuniar dari Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, dan Purnomo Edy A dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan.

(Baca juga : IPB Tuan Rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2016)

Menurut Nabila, lumpia merupakan jajanan yang sangat disukai masyarakat Bogor. Namun, dengan variasi rasa dan isi lumpia yang hanya sayuran dan daging membuat para pembeli merasa jenuh. Hal inilah yang menginspirasi mereka untuk membuat inovasi lumpia berasa dan berisi berbagai buah seperti pisang, nanas, nangka, dan apel.

“Lumpia ini berbahan dasar kulit lumpia dan berisi potongan buah yang telah direbus dan dikeringkan. Kemudian dicetak dengan berbagai bentuk seperti bentuk panjang dan bulat. Tujuannya menarik konsumen untuk membeli,” tutur, Nabila.

Bisnis lumpia isi buah ini sudah dijalankan sejak Desember 2015. Empat bulan setelahnya, Nabila menambahkan produk baru dalam bisnisnya, yaitu teh susu atau disebut Sun Shine. Meskipun omzetnya belum terlalu besar, Sunarya dan tim berharap bisnisnya ini bisa berkembang dan berkelanjutan. Apalagi setelah mengikuti kompetisi bisnis, mereka memperolah banyak saran dan perbaikan demi keberlanjutan usahanya. (IPB/Nisa)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *