Jumat , 21 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa IPB Ciptakan Inovasi Sormeal untuk ODHA
ipb-soarmeal-odha
Berkat soarmel untuk ODHA, tim IPB raih juara dua di Maphan Competition (foto; IPB)

Mahasiswa IPB Ciptakan Inovasi Sormeal untuk ODHA

Edupost.id, Bogor – Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor (FATETA-IPB) membuat inovasi berupa produk sormeal (sorghum meal). Produk ini berupa bubur instan berbahan dasar sorgum sebagai pangan alternatif untuk memenuhi nutrisi orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Tim IPB terdiri dari  Saiful Pratama, Irma Andriani dan Hafsah Safira Fatihati. Atas inovasi tersebut, mereka meraih juara dua dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTIM) Maphan Competition. Kompetisi tersebut diadakan Mahasiswa Peduli HIV/AIDS dan Napza Universitas Negeri Makasar, (2/5).

Prinsip pembuatan sormeal yaitu tepung sorgum dikeringkan menggunakan alat pengering drum dryer  yang bekerja pada suhu optimal 120 – 164 derajat Celsius dan kecepatan putar 4 rpm. Hasil yang diperoleh berupa bubur instan kering yang memilki kadar air rendah sehingga memiliki umur simpan lebih lama dan praktis.

Sormeal dilengkapi bahan lain seperti kismis, tepung kentang, dan susu. Bahan ini untuk memenuhi kebutuhan asam folat, Kalsium, vitamin C dan  Vitamin B6 bagi ODHA. Nutrisi penting untuk ODHA  ini bisa sebagai pengganti obat ARV (Anti-Retroviral Virus) dalam menghambat pertumbuhan virus HIV dan meningkatkan imunitas tubuh ODHA.

“Sebagai mahasiswa ITP IPB kami ingin berperan aktif dan ikut serta dalam menangani permasalahan yang berkaitan dengan pemenuhan nutrisi bagi orang dengan HIV/AIDS agar tidak bergantung dengan obat-obatan dan mambantu meningkatkan kualitas hidup mereka,” ujar Saiful dalam siaran pers. (IK-SS)

Check Also

Deklarasi Anti Radikalisme PTN PTS Jawa Barat

44 Rektor PTN PTS Jabar Deklarasi Cegah Radikalisme di Kampus

Bandung – Kekhawatiran akan menurunnya semangat nasionalisme dan cinta tanah air serta makin jauhnya penghayatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *