Minggu , 22 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa IPB Dirikan Komunitas Peduli Autis Bogor
Hari autis sedunia
Peringatan Hari Autis Sedunia (foto: IPB dok.)

Mahasiswa IPB Dirikan Komunitas Peduli Autis Bogor

Edupost.id, Bogor – Prihatin dengan kondisi anak berkebutuhan khusus (ABK), mendorong mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Rizal Arif Windriatmoko mendirikan sebuah Komunitas Peduli Autis Bogor (KPAB). Komunitas ini dibuat sebagai jembatan antara anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di Bogor dengan yayasan ABK dan Pemerintah Bogor.

KPAB dibentuk pada November 2015, diawali dari sepuluh mahasiswa IPB. Pada hari Autis sedunia 2 April kemarin, mahasiswa IPB dan Rumah Autis Bogor bekerja sama menggelar acara peringatan Hari Autis Sedunia. Dalam kesempatan itu, gerakan kepedulian autis untuk pertama kalinya dipublikasikan dan banyak mahasiswa IPB yang ingin bergabung di KPAB. Hingga kini anggotanya telah berjumlah 73 orang.

“Kami memiliki tiga tujuan yaitu seluruh anggota KPAB paham mengenai ABK dan mampu melakukan terapi kepada ABK. KPAB mampu memandirikan lembaga yang konsen kepada ABK. KPAB juga menjadi mitra kerja Pemerintah Bogor dalam membina dan memberikan pelayanan khusus ABK di Bogor,” ujar Rizal dalam siaran pers yang diterima Edupost.id.

Ia menambahkan, kegiatan utama KPAB meliputi tiga hal antara lain; edukasi seluruh anggota KPAB dan cara terapinya. Lalu, interaksi atau mengajak berinteraksi langsung dengan orang tua yang memiliki ABK. Kemudian, sosialisasi melalui media maupun secara langsung yang berisi gerakan peduli ABK.

Saat ini anggota KPAB seluruhnya mahasiswa IPB, namun kedepannya KPAB ingin melebarkan sayap dengan membuka akses Open Volunteer bagi masyarakan Bogor yang ingin bergabung.

“Harapan saya, mahasiswa paham bahwa autis bukanlah suatu penyakit. Namun autis merupakan sebuah anugerah yang diberikan Allah. Oleh karena itu, apabila kita mendapati ABK di sekitar kita jangan jauhi mereka. Namun, tunjukan rasa kepedulian teman-teman kepada mereka. Karena di saat kita peduli maka mereka dapat mandiri,” tuturnya. (IPB/ IK-SS)

Check Also

Resmi Terbentuk, IGMP Matematika Akan Gelar Konferensi Internasional Matematika

Edupost.ID – Guru matematika di seluruh Indonesia saat ini sudah terwadahi dalam sebuah organisasi baru, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *