Minggu , 26 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa IPB Membuat Inovasi Keset Antibakteri
Penemuan-mahasiswa-IPB-keset-antibakteri-dapat-penghargaan-internasional
Penemuan mahasiswa IPB keset antibakteri dapat penghargaan internasional

Mahasiswa IPB Membuat Inovasi Keset Antibakteri

Edupost.id – Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) membuat inovasi berupa keset antibakteri berbahan dasar bambu. Keunggulan keset ini yaitu bersifat antibakteri karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia colli dan Staphylococcus aureus.

Keset ini mengandung flavonoid, tannin, alkohol, dan pennyquinone yang mampu menyerap kelembapan air dan bau serta dapat berfungsi sebagai dekorasi. Tim IPB tersebut terdiri dari Ayu Laila Fitriyani, Tiana Rafmiwati, Naufal Bayu Prasetyo.

Naufal menyebutkan, kedepannya Naufal dan tim ingin meningkatkan kemampuan antibakteri keset ini agar memiliki daya resistensi lebih tinggi terhadap berbagai jenis mikroba.

Tidak hanya bakteri Escherichia colli dan Staphylococcus aureus saja, namun juga banyak jenis bakteri lain yang dapat dihambat pertumbuhannya. Hal ini dapat dicapai dengan cara mencari kandungan zat tertentu lainnya yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk meningkatkan mutu keset antibakteri tersebut.

Atas karyanya ini Naufal dan tim meraih penghargaan “Session Best Paper” di ajang 5th International Conference on Agriculture, Environment and Biological Sciences (ICAEBS-16) yang diselenggarakan IAAST (International Academy of Arts, Science and Technology) di Pattaya, Thailand, (28-29/4).

Pada kesempatan itu, Naufal dan tim mempresentasikan abstract paper dengan judul “Utilization of Bamboo (Gigantochloa apus) for Anti-Bacterial Mat as Fiber-Based Prospective Products”. Acara tersebut diikuti ilmuwan terkemuka, akademisi, dan peneliti international yang masing-masing menyampaikan gagasannya di bidang pertanian. (IK-SS)

Check Also

alat-bantu-penangkapan-ikan-rumpon

Pakar Perikanan IPB Kritisi Pemerintah tentang Rumpon

Edupost.id – Para akademisi di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *