Senin , 25 September 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa IPB Olah Daging Vegetarian Pencegah Anemia
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)

Mahasiswa IPB Olah Daging Vegetarian Pencegah Anemia

Edupost.id – Penelitian menyebutkan bahwa diet vegetarian rentan terhadap defisiensi zat gizi besi, zink dan vitamin B12, sehingga menyebabkan vegetarian berisiko mengalami anemia. Dilatarbelakangi hal itu, tim mahasiswa IPB menciptakan formulasi baru dengan memodifikasi tepung gluten dan tepung ubi menjadi makanan alternatif untuk para vegetarian yang dinamai Davici.

Davici merupakan produk alternatif pangan yang dikembangkan berbahan dasar 80% tepung gluten, 20% tepung ubi dan difortifikasi mikrokapsul besi setara 40% acuan label gizi (26 mg besi/hari). Pangan alternatif untuk vegetarian ini mempunyai klaim sebagai produk pangan bebas lemak, sumber protein dan tinggi zat gizi besi. Berdasarkan klaim tersebut produk ini dapat dijadikan sebagai produk alternatif pangan dalam mencegah anemia gizi besi pada vegetarian nonvegan hingga vegan di Indonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pilihan pangan alternatif bagi vegetarian sebagai upaya preventif mencegah anemia gizi besi. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yakni formulasi daging khusus vegetarian, pembuatan mikrokapsul besi dan fortifikasi mineral besi pada daging khusus vegetarian terpilih.

Tahap pertama, adalah meneliti formulasi daging khusus vegetarian. Hal lain yang diperhatikan dalam pengembangan formulasi ini adalah metode pembuatan daging yang khusus. Metode pembuatannya menggunakan metode pembuatan daging analog berbahan dasar gluten terigu yang kemudian dimodifikasi dengan penambahan proses penyimpanan adonan pada suhu freezer (5-10 derajat celcius) selama 4-6 jam. Hal ini ditujukan agar adonan dapat menyatu.

Tahap yang kedua, adalah pembuatan mikrokapsul besi. Mikrokapsulasi ini bertujuan untuk menyalut bahan dasar produk. Terdapat tiga tahap utama dalam pembuatan mikrokapsul dengan teknik spraydrying yakni persiapan emulsi, homogenisasi dispersi dan atominasi. Bahan penyalut yang digunakan terdiri atas maltodektrin (30%) dan gum arab (70%) dan kemudian ditambahkan mineral besi dari bahan fero sulfat bubuk dengan konsentrasi 7.5% terhadap total bahan penyalut .

Berdasarkan hasil uji, dalam 100 g Davici mengandung 21.37 g protein, 0.07 g lemak, 14.49 g karbohidrat dan 20.46 mg mineral besi. Oleh sebab itu, Davici merupakan produk pangan dengan klaim bebas lemak, sumber protein dan tinggi zat gizi besi. Selain itu, teknologi pembuatan daging khusus ini cukup sederhana sehingga dapat diterapkan dalam skala rumah tangga. (Rif)

 

Check Also

KB-TK-IT-Nurul-Fikri-Praktik-Jualan-2

Kemendikbud Gandeng UPI dan IPB Kembangkan PAUD

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *