Jumat , 20 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa IPB Sulap Ampas Tebu Jadi Energi
mahasiswa-ipb-ampas-tebu-jadi-energi
Mahasiswa IPB sulap ampas tebu jadi energi (foto: IPB)

Mahasiswa IPB Sulap Ampas Tebu Jadi Energi

Edupost.id –  Sampah ampas tebu yang dibuang begitu saja  disulap tim mahasiswa Institut Pertanian Bogor (FMPA-IPB) menjadi sumber energi alternatif. Mereka mengembangkan karbon aktif limbah ampas tebu sebagai bahan pembuatan biomassa  atau sel bahan bakar (fuel cell).

Pembuatan karbon dari ampas tebu ini terbagi dalam tiga tahapan yaitu persiapan ampas tebu, karbonisasi hidrotermal dan aktivasi kimia-fisika. Bahan baku yang digunakan dalam penelitian ini merupakan ampas tebu yang sudah tidak mengandung nira dan telah dijemur di bawah panas matahari selama 24 jam serta dihaluskan dengan menggunakan miller machine.

Ampas tebu tersebut juga telah melaluikarbonisasi hidrotermal. Material karbon dari arang ampas tebu hasil karbonisasi hidrotermal tersebut memiliki karakteristik mikrostruktur dan konduktivitas listrik yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatanGas Difussion Layer (GDL) bahan penyusun fuel cell.

Dedeh mengungkapkan, alasannya ketika tim memilih menggunakan limbah tebu. Menurutnya kebanyakan orang menggunakan karbon yang berasal langsung dari alam seperti grafit.

“Saya melihat kondisi karbon dari limbah organik ampas tebu belum dimanfaatkan secara optimal melalui pemurnian air atau sebagai adsorben polusi. Padahal karbon aktif ampas tebu sendiri dapat digunakan sebagai material dasar yang digunakan dalam pembuatan fuel cell,” jelasnya.

Saat ini penelitian mengenai sumber energi dari karbon ampas tebu diikutkan dalam program Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 2016. “Sejauh ini pengembangan karbon aktif limbah tebu kami sudah melalui tahap pengujian dan hasilnya sudah kami ketahui,” terangnya. (IK-SS)

Check Also

Tim IPB Ciptakan Hidrogel Penutup Luka dari Kelapa Sawit

Tim IPB Ciptakan Hidrogel Penutup Luka dari Kelapa Sawit

Edupost.id – Selama ini produksi minyak sawit di Indonesia masih menyisakan tandan kosong kelapa sawit …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *