Rabu , 24 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa IPB Teliti Blue Carbon dengan Metode Akustik
Mahasiswa-IPB-Teliti-Blue-Carbon-dengan-Metode-Akustik
Mahasiswa IPB Teliti Blue Carbon dengan Metode Akustik (foto: IPB)

Mahasiswa IPB Teliti Blue Carbon dengan Metode Akustik

Edupost.id – Meningkatnya gas karbon di udara mengakibatkan polusi udara yang berbahaya bagi kesehatan. Hal ini mendorong mahasiswa IPB mencoba meneliti “Blue Carbon” dengan metode akustik.

Pengertian blue carbon adalah karbon yang diserap ekosistem pantai dan laut dan mencakup lebih dari 55 persen karbon hijau di dunia. Salah satu ekosistem laut yang dapat menyerap karbon ialah tanaman lamun.

Stok penyerapan karbon dapat diestimasi dengan melihat luasan lamun yang tersebar di perairan. Selama ini, metode yang digunakan dalam perhitungan jumlah lamun masih konvensional; yaitu dengan membuat beberapa transek (penampang lintang) tegak lurus terhadap garis pantai. Metode ini diyakini kurang akurat untuk mengestimasi jumlah lamun yang tersebar dalam suatu area yang luas

Dua orang mahasiswa Program Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Program Studi Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB yang tergabung dalam tim Blue Carbon telah melakukan riset mengenai penyerapan karbon oleh lamun.

Tim ini beranggotakan Angga Dwinovantyo dan Steven Solikin, dan telah berhasil melakukan penelitian sebaran jumlah lamun dengan metode akustik.

Saat ini, metode perhitungan jumlah lamun menggunakan teknologi akustik adalah yang paling baik dan akurat. Teknologi akustik adalah metode yang memanfaatkan gelombang suara untuk mendeteksi target bawah air. Dengan metode akustik, sebaran lamun dapat diestimasi per area berdasarkan karakteristik penghamburan suaranya.

Ke depannya, diharapkan tim riset ini dapat melakukan riset di tempat lain sehingga diketahui potensi dan pemanfaatan, serta kontribusi lamun dalam mengatasi perubahan iklim. (IK-SS)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Lima Prodi Favorit di IPB Tahun Ini

Edupost.id – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan. Dari hasil tersebut diketahui, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *