Kamis , 27 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa ITB Borong Tiga Gelar Juara Internasional

Mahasiswa ITB Borong Tiga Gelar Juara Internasional

BANDUNG – Mahasiswa ITB kembali mengukir prestasi dalam lomba bertaraf nasional. Kali ini, 3 gelar juara berhasil diborong pada kompetisi tahunan Social Innovation Competition (SIC) 2015. Acara penjurian final kegiatan ini berlangsung pada hari Selasa hingga Kamis lalu (18-20/8) di Jakarta. Tiga tim perwakilan dari ITB berhasil menjadi finalis dan seluruhnya merebut juara untuk 3 kategori.

Tim ITB bernama tim Darurat yang dimotori Sena Luphdika, mahasiswa Sistem dan Teknologi Informasi 2011 berhasil  meraih gelar Best of The Best dalam kompetisi ini. Mereka berhak membawa pulang hadiah uang tunai sebesar 30 juta Rupiah. Sementara, tim Autodim meraih posisi Runner Up kategori Applied Technology.

Social Innovation Competition (SIC) tahun ini mengangkat tema “Innovation for a Better City”. Beberapa kategori yang dilombakan adalah mobile apps, applied technology, viral video, dan young entrepreneur. Kegiatan ini mengajak generasi muda mulai dari pelajar hingga masyarakat umum untuk berinovasi dalam memecahkan masalah sosial di sekitar kita.

Ide untuk membuat aplikasi mobile darurat berasal dari masalah sosial sekitar, yaitu keanehan yang dirasakan bahwa negara besar dengan jumlah kejadian darurat tinggi seperti Indonesia justru tidak memiliki fasilitas 911 (sistem pelaporan darurat terintegrasi). Karena itu, tim ini ingin membantu mengatasi masalah itu.

Aplikasi darurat yang diciptakan tim ITB ini merupakan aplikasi mobile yang berkaitan dengan sistem darurat terpadu. Sistem ini terkoneksi dengan kantor polisi, ambulans, dan pemadam kebakaran dengan memanfaatkan GPS (Global Positioning System). (ITB/IK-SS)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *