Minggu , 28 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa ITB Ciptakan Alat Penyiram Taman Otomatis

Mahasiswa ITB Ciptakan Alat Penyiram Taman Otomatis

BANDUNG – Mahasiswa Teknik Informatika ITB yang tergabung dalam tim 1C0S mengembangkan suatu piranti cerdas bernama Scalable Watering System. Alat menyiram tanaman secara otomatis ini diciptakan oleh tiga mahasiswa yaitu Gifari Kautsar, Fahziar Riesad, Marcelinus Henry.

Alat Scalable Watering System ini akan mendeteksi kelembaban tanah dan intensitas cahaya melalui sensor-sensor yang dimilikinya. Alat terhubung ke jaringan internet dan hasil pembacaan sensor kelembaban tanah dan intensitas cahaya pada suatu taman kota dapat diketahui secara langsung melalui website khusus yang telah dibuat oleh tim 1C0S.

Dengan mengetahui kondisi kelembaban tanah pada suatu taman, pengguna piranti dapat mengetahui apakah taman dalam kondisi yang kering atau tidak. Didukung dengan hasil pembacaan sensor cahaya, pengguna dapat mengetahui kondisi cuaca di sekitar taman, apakah sedang panas terik atau mendung.

Piranti cerdas Scalable Watering System memiliki tiga buah metode penyiraman yang dapat diatur dari jarak jauh hanya melalui website. Pada metode pertama, pengguna piranti secara berkala melihat kondisi taman melalui website, dan menentukan apakah penyiraman perlu dilakukan atau tidak.

Melalui metode kedua, metode threshold dan schedule, penyiraman dapat diatur sesuai jadwal yang ditentukan pengguna. Namun piranti akan tetap mempertimbangkan kondisi kelembaban dan intensitas cahaya pada taman. Metode terakhir menggunakan algoritma jaringan syaraf tiruan, sistem akan mempelajari kebiasaan pengguna dalam melakukan penyiraman taman. Sistem akan mendapat data kebiasaan pengguna, dan akan memprediksi kondisi-kondisi pada masa mendatang apakah sistem perlu melakukan penyiraman atau tidak.

Berkat penemuan ini, tim ITB berhasil membawa pulang medali emas dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) 2015 cabang Piranti Cerdas dan Embedded System di UGM pada 26-28 Oktober lalu. (IK-SS)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *