Selasa , 27 Juni 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa ITB Juarai Karya Tulis Hulu Migas Indonesia
skk migas writing competition
Mahasiswa ITB Juarai Karya Tulis Hulu Migas Indonesia

Mahasiswa ITB Juarai Karya Tulis Hulu Migas Indonesia

Edupost.id – Dua mahasiswa ITB di bidang keenergian, Dika Iqbal (Teknik Perminyakan) dan Prayudha Rifqi (Teknik Perminyakan) masing-masing berhasil merebut posisi pertama dan ketiga pada lomba SKK Migas Student Writing Competition. Lomba yang diadakan SKK Migas ini merupakan lomba menulis essay dengan tema “Membesarkan Bangsa Bersama Industri Hulu Migas”.

Lomba ini bertujuan untuk menjaring ide dan aspirasi generasi muda mengenai usaha hulu migas, baik itu bagaimana industri ini seharusnya dijalankan maupun kontribusinya bagi Indonesia.

Perjalanan untuk menuju capaian prestasi ini diawali dengan seleksi awal pengiriman essay, tulisan Dika dan Prayudha lolos dalam dua puluh terbaik. Untuk Dika, judul yang diangkat adalah “Mengurai Permasalahan Hulu Migas Indonesia”, sedangkan Prayudha memilih untuk menyorot realita migas nasional di tulisannya dengan judul “Perjuangan Menuju Kemandirian Energi Melalui Industri Hulu Migas Nasional”.

Pada dasarnya, tulisan keduanya menanggap keadaan migas nasional yang terancam eksistensinya di beberapa tahun mendatang. Sangatlah disayangkan jika nasib migas Indonesia berakhir di opsi impor untuk pemenuhan energi primer di saat negara ini sesungguhnya masih memiliki banyak potensi alam yang belum dimanfaatkan.

Dua puluh peserta terpilih juga mendapat kesempatan mengunjungi lapangan Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) yang merupakan lapangan lepas pantai milik Pertamina serta kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina. Kunjungan ini dilakukan mengingat peserta yang ikut tidak hanya dari teknik perminyakan, namun ada juga geologi, geofisika, hukum, fisika, elektro, bahkan aeronautika, yang beberapa di antara bidang keilmuan tersebut notabene belum begitu familiar dengan kondisi lapangan hulu migas. (ITB/Ani)

Check Also

Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB Gelar Indonesia Cyberkids Camp 2016

Edupost.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) akan menggelar Indonesia Cyberkids Camp (ICC) 2016 di Gedung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *