Jumat , 20 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa ITB Juarai Kompetisi Bisnis Nasional
Institut Teknologi Bandung (ITB) Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia versi Kemristekdikti
Institut Teknologi Bandung (ITB) Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia versi Kemristekdikti

Mahasiswa ITB Juarai Kompetisi Bisnis Nasional

Edupost.id – Tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menjuarai kompetisi bisnis nasional bertajuk“Empowering Youth Market Through Global Market Industries“. Ajang ini  diselenggarakan Young On Top (YoT) bekerja sama dengan PricewaterhouseCoopers (PwC) serta Hoshizora Foundation.

Tim ITB tersebut terdiri dari Fajar Bahari (Teknik Elektro 2012), Muhammad Nur Pratama (Teknik Elektro 2012), dan Arfie Nugraha (Teknik Elektro 2012). Dalam kompetisi yang diadakan di Auditorium Smartfren Jakarta, akhir Mei lalu ini, mereka meraih juara ke dua.

Dalam kompetisi tersebut para peserta harus memberikan solusi untuk kasus nyata yang terjadi pada suatu social enterprise. Saat babak penyisihan terdapat 81 tim yang mendaftar untuk mengikuti kompetisi ini. Namun, hanya lima tim terbaik yang berhasil lolos ke babak final dan salah satunya adalah tim ITB bernama “Goa”.

Baca juga : ITB Jadi Juara Umum Olimpiade Nasional MIPA PT 2016

Setiap tim yang ingin mengikuti kompetisi ini diwajibkan mengumpulkan solusi dari permasalahan bisnis yang diberikan panitia. Setelah lolos ke tahap final, para peserta selanjutnya melakukan kunjungan ke PwC Learning Centre untuk berdiskusi dengan para stakeholder perusahaan.

Saat final presentasi, setiap tim diminta untuk mempresentasikan rekomendasi model bisnis yang tepat untuk social enterprise tersebut. Rekomendasi tersebut diharapkan dapat memberikan perspektif dan perubahan bagi bisnis pada social enterprise berdasarkan aspek suistainability, local empowerment dengan pertimbangan sosiologi, psikologi, politik, dan ekonomi, serta berdasarkan aspek division of net profit.

Dibutuhkan kemampuan analisis yang baik untuk mencari solusi yang tepat dalam pemecahan masalah tersebut. Juri-juri pada kompetisi ini terdiri dari para pakar yang ahli di bidang social enterprise dan keuangan. (ITB/ IK-SS)

 

Check Also

Atlet Tunarungu Asal UNJ Ini Berprestasi hingga ke Kancah Internasional

Atlet Tunarungu UNJ Berprestasi Hingga Kancah Internasional

Edupost.id – Meski memiliki keterbatasan fisik, mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Priyaka Irfan Astama Harsono berhasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *