Minggu , 26 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa ITB Kembangkan Teknologi untuk Proteksi Baterai Laptop

Mahasiswa ITB Kembangkan Teknologi untuk Proteksi Baterai Laptop

BANDUNG – Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Muhammad Anis Al-Hilmi, membuat inovasi di bidang teknologi untuk proteksi baterai secara otomatis. Penemuannya ini dalam rangka menyambut Internet of Think (IoT), teknologi otomatis yang langsung berhubungan dengan internet.

“Teknologi ini dibuat untuk merawat baterai laptop, secara otomatis mematikan aliran listrik jika baterai laptop sudah penuh. Sebelumnya laptop akan diinstal software untuk memantau alat elektronik kita yang sedang dicharge,” jelasnya.

Alat proteksi baterai yang diberi nama Volta ini berbentuk seperti terminal listrik empat cabang, dan setiap cabang akan mati dan hidup sendiri menggunakan laptop yang sudah diatur sebelumnya.

Rencananya Volta akan dibuat lebih sederhana, dibuat satu cabang, dengan perangkat halus tidak hanya mengontrol baterai, namun dibuat menjadi mengelola unduhan secara otomatis.

“Nantinya laptop bisa diprogram, laptop nyala sendiri, mendownload sendiri sesuai kebutuhan kita, dengan cara mengatur sebelumnya link apa yang akan didownload dan pengaturan waktu download,” jelas Anis.

Volta sedang dirintisnya untuk usaha bidang teknologi terutama hardware. Sebelumnya Anis sudah membuat pendingin modem yang dinamakannya Embozz yang telah ia ikut sertakan pada lomba wirausaha dan berhasil didanai.

Selain itu, diikut sertakan pada IEC (ITB Enterpreneurship Competitioon) tingkat nasional dan masuk nominasi 10 besar.

“Volta dan produk idebeda.com lainnya diproduksi secara buatan tangan dengan konsep teknologi berbeda. Dan ke depannya saya mempunyai harapan Indonesia menjadi tuan rumah usaha teknologi kreatif,” tandasnya.

Anis juga berencana membuat papan digital untuk membantu pengajar di bidang pendidikan yang akan menghadapi ruang kelas cerdas. (ANT/IL-SS)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *