Jumat , 15 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa ITB Menangkan Lomba Penelitian tentang Pertambangan
Institut Teknologi Bandung (ITB)
Institut Teknologi Bandung (ITB)

Mahasiswa ITB Menangkan Lomba Penelitian tentang Pertambangan

Edupost.id, Bandung – Tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih juara pertama dalam Lomba Penelitian Mahasiswa Pertambangan Indonesia (LPMPI) ke-3. Mereka adalah Muthia Jamilatuzzuhriya, Dery Marsan, dan Ida Bagus Suananda jurusan Teknik Geofisika. Lomba ini digelar Persatuan Mahasiswa Tambang Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya beberapa waktu lalu di Palembang, Sumatera Selatan.

Sedangkan, mahasiswa ITB lainnya dari jurusan Teknik Metalurgi, yaitu Ian Gibranata, Edward Armanda, dan Abdullah Abiyyu meraih peringkat ketiga.

Mengusung tema Konservasi Sumber Daya Mineral dan Batubara untuk Kemajuan Ekonomi Pertambangan Indonesia, LPMPI 2016 menjadi ajang bagi para mahasiswa di Indonesia untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah diperoleh ke dalam bentuk penelitian imiah. Ekplorasi tambang, kebijakan tambang, manajemen tambang, geofisika tambang, ekonomi pertambangan, lingkungan tambang, pengolahan bahan galian, energi baru dan terbarukan, operasi pertambangan, serta ekstraksi metalurgi, menjadi sepuluh sub tema yang dapat dipilih salah satunya oleh setiap tim peserta LPMPI.

Tim Muthia memaparkan hasil penelitian mereka yang berjudul “Aplikasi Boundary Element Method Dua Dimensi untuk Monitoring Deformasi Terowongan Tambang Bawah Tanah”. Milla menyebutkan, penelitiannya ini memberikan pemahaman kepada pihak yang terlibat dalam industri pertambangan, bahwa proses pemantauan pergeseran yang terjadi pada terowongan tambang bawah tanah penting untuk dilakukan demi keselamatan area tambang dari risiko runtuhan.

“Geofisika tidah hanya berkaitan dengan industri minyak dan gas. Geofisika ada dimana-mana termasuk dalam dunia pertambangan,” jelas Ida Bagus Suananda seperti dilansir laman resmi ITB.

Sedangkan, tim Ian mengusung sub tema yang lebih hilir, yaitu sub tema ekstraksi metalurgi. Dilatar belakangi kondisi Indonesia yang belum mampu memenuhi kebutuhan besi dan baja, mereka berusaha memanfaatkan potensi pasir besi Indonesia sebagai salah satu alternatif sumber besi dalam pembuatan besi dan baja. Penelitian mereka berjudul “Pengaruh Ukuran Partikel dan Preoksidasi terhadap Reduksi Pelet Tekan Silinder Komposit Konsentrat Pasir Besi dengan Metode Isothermal Gradient Temperature“. (ITB/ IK-SS)

Check Also

Mahasiswa ITB Juarai Kompetisi Geologi Tingkat Asia

Mahasiswa ITB Juarai Kompetisi Geologi Tingkat Asia

Edupost.id – Prestasi membanggakan berhasil diukir mahasiswa Teknik Geologi ITB di ajang SPE PDPU Fest …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *