Jumat , 26 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa ITB Presentasi tentang Minyak di Konferensi Internasional

Mahasiswa ITB Presentasi tentang Minyak di Konferensi Internasional

BANDUNG – Mahasiswa ITB, M. Naufal Hakim mendapat kesempatan untuk presentasi dalam konferensi internasional yang bertajuk “International Student Conference of Advanced Science and Technology” (ICAST) 2015. Ia menyampaikan makalah yang berjudul “Feasibility study of Escherichia coli as nontoxic an controlled MEOR agent for increasing Indonesia Oil Production“.

Sebelumnya, ia telah mengikuti seleksi yang diawali dengan penulisan abstrak. Setelah abstrak diterima panitia dan memenuhi kriteria penilaian, maka tahap selanjutnya adalah pembuatan paper sebenarnya. Saat-saat pembuatan makalah inilah yang mempertemukannya dengan hambatan dalam memperoleh data sekunder. Data sekunder merupakan bagian yang penting dalam pembuatan makalah dengan kategori general session.

ICAST yang digelar pada 17-18 September lalu ini terdiri dari 2 sesi yaitu, general session dan research session. Research session mengutamakan data primer dan diutamakan bagi mahasiswa S2 namun diperbolehkan juga bagi mahasiswa S1 yang melakukan penelitian.

Presentasi-presentasi lain juga ditampilkan dari masing-masing perwakilan berbagai universitas yang berasal dari Jepang, China, Inggris, Turki dan negara-negara undangan lainnya. Para tamu undangan yang hadir dalam ICAST berasal dari berbagai jenjang, baik diploma maupun strata.

Konferensi yang digelar di gedung Rektorat ITS tersebut dihadiri Rektor dan Dekan Graduate Science and Technology sebagai perwakilan dari Kumamoto University serta dosen-dosen nasional maupun Internasional. Mereka menyampaikan presentasi dan dilanjutkan oleh 4 keynote speakers dalam 4 ruangan berbeda. Pada kesempatan tersebut diadakan pula penyajian presentasi pada general session.

Inspirasi makalahnya diperoleh dari proyek tim International Genetically Engineer Machine (IGEM). Begitupula dengan data sekunder yang didapatkan dari percobaan tersebut. Selain itu, masih ada data sekunder yang diadaptasi dari hasil percobaan Caltech dan University of Lethbridge USA. (ITB/IK-SS)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *