Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa ITB Raih Juara Pertama Paper Competition Petroweek
Institut Teknologi Bandung (ITB) Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia versi Kemristekdikti
Institut Teknologi Bandung (ITB) Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia versi Kemristekdikti

Mahasiswa ITB Raih Juara Pertama Paper Competition Petroweek

Edupost.id – Mahasiswa ITB berhasil meraih juara pertama pada kategori Paper Competition Petroweek 2016 yang diadakan Society of Petroleum Engineers (SPE) Universitas Trisakti Student Chapter, (16/9). Prestasi ini ditorehkan Wildo Fajar Pridana Putra yang merupakan mahasiswa asal Program Studi Teknik Perminyakan angkatan 2013.

Wildo berhasil membawa gelar juara pertama setelah papernya yang berjudul “An Efficient Method to Design the Insulator And Electric Heater for Wax Deposition Mitigation” berhasil mengalahkan paper-paper lain dari perserta yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Terdapat beberapa metode baru yang dijelaskan pada paper ini. Metode konvensional untuk memodelkan mitigasi wax belum menggabungkan parameter keekonomian pada permodelannya, hal ini yang membuat mahasiswa kelahiran Malang tersebut untuk membuat inovasi baru dengan memasukkan parameter keekonomian ke dalam modelnya.

Ia menggabungkan persamaan heat transfer serta parameter keekonomian untuk menentukan harga yang paling ekonomis. Dengan melakukan terobosan tersebut, permodelan wax mitigation dapat dilakukan dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan metode yang telah ada sebelumnya. Selain itu, terobosan baru ini memungkinkan untuk menganalisis banyak kasus dengan hanya merubah input parameter.

Di waktu yang akan datang, ia berharap dapat mengembangkan dan menyempurnakan lagi paper yang telah ia buat. Ia akan berusaha menghilangkan parameter-parameter asumsi yang beberapa masih digunakan di papernya saat ini.

Selain itu, mahasiswa yang tertarik pada spesialisasi produksi minyak ini juga sedang melakukan penelitian dan pengembangan mengenai integrasi antara reservoir minyak dan teknik produksi minyak yang paling optimal. Ia berencana mengusung tema tersebut dalam pengerjaan tugas akhirnya.  (ITB/IK-SS)

Check Also

Atlet Tunarungu Asal UNJ Ini Berprestasi hingga ke Kancah Internasional

Atlet Tunarungu UNJ Berprestasi Hingga Kancah Internasional

Edupost.id – Meski memiliki keterbatasan fisik, mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Priyaka Irfan Astama Harsono berhasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *