Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa ITB Raih Juara Terinovatif di PIMPI 2015

Mahasiswa ITB Raih Juara Terinovatif di PIMPI 2015

BANDUNG – Tim mahasiswa ITB dari program studi Perencanaan Wilayah dan Kota berhasil meraih Juara Terinovatif di ajang Pekan Inovasi Mahasiswa Pertanian Indonesia (PIMPI) 2015 yang diselenggarakan Forces IPB. Tim ITB tersebut yakni Rizki Fadhillah, Maryam Zakkiyyah, dan Tania Benita. Dalam lomba tersebut, mereka mengajukan sebuah karya tulis berjudul “Memperbaiki Rantai Pasok Pertanian dengan Memanfaatkan Sistem Food Supply Chain Online Berbasis Pemberdayaan Komunitas Petani Lokal”.

Tim ITB tersebut menuliskan bahwa pertanian masih menjadi salah satu sektor ekonomi utama di Indonesia. Mereka menuliskan di bagian abstrak, “Luas lahan pertanian di Indonesia mencapai 82.71 % luas total lahan (Data Kementerian Sekretariat Negara, 2010) dengan jumlah penduduk 30,5% bermata pencaharian di sektor pertanian (Badan Pusat Statistik, 2013). Namun pada kenyataannya kemiskinan di Indonesia terpusat di wilayah perdesaan, dimana sektor ekonomi utamanya adalah sektor pertanian. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan sektor pertanian masih kurang mensejahterakan masyarakat perdesaan.

Menurut mereka, hal yang mengambat peningkatan kesejahteraan masyarakat pertanian adalah masalah kelembagaan. Keterbatasan dalam kelembagaan pertanian menyebabkan tidak efisiennya rantai pasok antara produsen dan konsumen. Karena itu, tim ITB ini termotivasi untuk mengajukan ide teknologi tepat guna demi simplifikasi rantai pasok pertanian.

Untuk memperbaiki rantai pasok pertanian, tim mengajukan sistem food supply chain online sebagai solusi. Aplikasi ini kemudian bisa digunakan untuk memberdayakan komunitas petani lokal. Sistem kemudahan akses informasi supply-demand dirancang agar dapat dikelola langsung oleh masyarakat yang bergabung dalam komunitas petani.

Maryam, salah satu anggota tim ITB itu mengungkapkan harapannya untuk merealisasikan ide yang telah mereka sampaikan lewat karya tulis. Ia mengaku, sangat termotivasi untuk mengikuti kompetisi dan menyampaikan ide mereka untuk mencari pengalaman. (ITB/IK-SS)

Check Also

Resmi Terbentuk, IGMP Matematika Akan Gelar Konferensi Internasional Matematika

Edupost.ID – Guru matematika di seluruh Indonesia saat ini sudah terwadahi dalam sebuah organisasi baru, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *