Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa ITB Wakili Indonesia dalam Ajang LIYSF di Inggris

Mahasiswa ITB Wakili Indonesia dalam Ajang LIYSF di Inggris

BANDUNG – Lima mahasiswa ITB mewakili Indonesia dalam ajang The 56th London International Science Youth Forum (LIYSF) 2015 di Imperial College, London. Para mahasiswa yang tergabung dalam ITB-Indonesian Science and Math Societies (ITB-ISMS) membawa hasil penelitian mereka mengenai sains dan teknologi di ajang tersebut.

Kelima mahasiswa itu yakni Maria Martiana (Kimia 2012), Muhammad Syaukat (Perancangan Wilayah dan Kota 2011), Kenita Firsa Ramadhani (Teknik Kimia 2011), Valerius Vandru Hartanto (Teknik Kimia 2011), dan Ivan Rene Sudjatmiko (Teknik Kimia 2011).

Ajang LIYSF 2015 yang digelar sejak bulan Juli hingga Agustus lalu ini mengusung tema “Science as a universal endeavor”. Kegiatan itu merupakan ajang bagi pemuda-pemudi berusia 18-22 tahun dari seluruh dunia untuk berkumpul dan mempelajari sains dan teknologi bersama-sama.

Di ajang tersebut, delegasi LISYF yang berjumlah 450 orang dari 65 negara di dunia mempersiapkan riset untuk dipresentasikan di hadapan masyarakat internasional. Selain itu, mereka juga melakukan diskusi, pameran, dan berinteraksi bersama ratusan pemuda lain yang memiliki minat besar terhadap sains dan teknologi. Di sana mereka juga mengikuti kuliah-kuliah pilihan yang diajarkan oleh dosen-dosen dari berbagai universitas terkemuka di Eropa.

Sebelumnya, delegasi ITB ini telah melalui proses seleksi dari program studi dengan mengumpulkan abstrak dari penelitian mereka. Penelitian yang dinilai menarik dipilih untuk mewakili ITB pada ajang LIYSF. “Kami membawa empat penelitian yang berbeda, dua di antaranya merupakan penelitian yang dilakukan untuk tugas akhir,” ucap Maria.

Selain melakukan kegiatan berkaitan  ilmu eksak, mereka juga menampilkan budaya Indonesia, yaitu tari Pendet saat cultural night. Ada juga kegiatan mempererat ikatan antarpeserta bernama Olimpiade yang berupa lomba-lomba bersifat hiburan serta Kabaret yaitu acara adu bakat. (ITB/IK-SS)

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *