Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang YSEALI 2015

Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang YSEALI 2015

BANDUNG – Mahasiswa ITB, Endang Rahmat menjadi delegasi Indonesia di ajang Young South East Asian Leaders Initiative (YSEALI) 2015. Acara yang dihelat di Hunain dan Bangkok, Thailand tersebut mengulas tentang permasalahan pendidikan di negara-negara anggota ASEAN (Association of South East Asian Nations). Kegiatan yang digagas oleh negeri Paman Sam ini pun sebenarnya telah diresmikan oleh Presiden Amerika di Gedung Putih sejak 2013 lalu.

Dalam YSEALI, berbagai metode penyampaian topik kepemimpinan dan kepemudaan dikemas dalam bentuk workshop pelatihan leadership, forum pertemuan pemimpin muda ASEAN, dan disertai program akademik yang diselenggarakan di Amerika selama 1-3 bulan.

Endang menceritakan,  dalam acara itu masing-masing delegasi mengangkat berbagai masalah terutama dari negara delegasi bersangkutan untuk diselesaikan melalui diskusi. Isu-isu tersebut tidak hanya diangkat begitu saja, para peserta juga diminta untuk menemukan solusinya melalui proyek-proyek tingkat Asia Tenggara.

Ia menambahkan, selama lima hari, peserta dituntut untuk membuat proyek dengan tema pendidikan. Tidak hanya menyelesaikan proyek secara baik, para peserta diharapkan dapat berkompetisi dalam menyajikan solusi. Pihak penyelenggara telah menyediakan bantuan dalam merealisasikan proyek yang ada dengan dana 10000 dollar bagi juara pertama dan setengahnya bagi Runner-up.

Dalam pertemuan itu, Endang mengangkat masalah tidak meratanya pendidikan di Indonesia, kualitas pengajar yang kurang, fasilitas sarana dan prasarana yang masih tidak memadai, dan kurikulum yang belum optimal. Selain itu, Endang juga menawarkan solusi yaitu sebuah proyek yang menerapkan sistem belajar dengan metode mentoring, sistem tersebut melibatkan 2 peran yaitu, mentor dan mentee.

(ITB/IK-SS)

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *