Minggu , 26 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa ITS Beri Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan ke Masyarakat

Mahasiswa ITS Beri Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan ke Masyarakat

SURABAYA – Mahasiswa jurusan Biologi ITS kembali melakukan pengabdian masyarakat dengan mengadakan pelatihan pembuatan pakan (pelet) ikan ke warga di kawasan Kenjeran, Surabaya. Kegiatan yang berlangsung pada Rabu (9/9) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan nelayan dalam hal pengolahan limbah ikan menjadi pelet.

Pengolahan limbah tangkapan ikan di kawasan Kenjeran dan sekitarnya masih belum baik sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan di Kota Surabaya. Kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pengolahan limbah sebelum dibuang, masih sangat minim. Hal tersebut mendorong Jurusan Biologi ITS turut serta mencari solusi dengan mengadakan pelatihan pengolahan pelet ikan dari limbah tangkapan ikan.

Awik Puji Dyah, dosen Jurusan Biologi ITS menyampaikan bahwa limbah ikan di kawasan Kenjeran masih memiliki nilai. Jika diolah melalui proses yang benar, limbah tersebut mengandung kadar protein tinggi yang dapat digunakan sebagai bahan utama pembuatan pakan ikan. ”Permasalahan limbah organik dari sisa tangkapan ikan dapat dikurangi dengan sistem pengolahan limbah terpadu,” jelasnya.

Saat proses pelatihan, masyarakat diajak langsung praktik membuat pelet. Hal itu bertujuan agar masyarakat lebih paham mengenai proses pembuatan pelet ikan yang benar. Pelatihan tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat. ”Selain pencerdasan, berkat pelatihan ini masyarakat juga dapat menambah sumber penghasilan mereka,” terang Lilik Istiqomah, salah satu peserta pelatihan.

Lilik berencana akan mensosialisasikan ilmu yang ia dapatkan dari pelatihan ini ke warga di desanya yang belum bisa hadir. Di sisi lain, Awi berharap dengan adanya pelatihan ini masyarakat dapat lebih mandiri dari segi ekonomi dan pengolahan limbah. (ITS/IK-SS)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *