Selasa , 24 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa ITS Ciptakan Aplikasi Donor Darah Reblood

Mahasiswa ITS Ciptakan Aplikasi Donor Darah Reblood

SURABAYA – Tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuat sebuah inovasi yang mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk donor darah. Mereka berhasil menciptakan aplikasi smartphone Reblood. Berkat temuan itu, tim ITS meraih posisi tiga besar dalam kompetisi Startup Sprint di Surabaya.

Tim ITS ini terdiri dari Leonika Sari, Faisal Setia Putra, Ari Agustina, dan M Zuhri. Faisal menyebutkan, Indonesia dari tahun ke tahun selalu kekurangan pasokan darah. Setelah disurvei, lanjutnya, kurangnya ketersediaan pasokan kantong darah ini disebabkan banyaknya pendonor yang ditolak.

Ia menambahkan, ada beberapa alasan yang melatarbelakangi pendonor yang ditolak tersebut. Di antaranya adalah belum makan, begadang malam sebelumnya, baru minum obat, atau bahkan kurang berat badan.

Hal itulah yang melatarbelakangi Faisal dan timnya membuat aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Playstore ini. Aplikasi Reblood berfungsi sebagai reminder bagi pendonor sejak beberapa hari sebelum jadwal donor darah, agar pendonor siap sepenuhnya.

Selain reminder, ada beberapa fitur lainnya dalam aplikasi Reblood. Salah satunya adalah Event yang menampilkan jadwal kegiatan donor darah terkini di Surabaya. Ada juga Do you know, fitur yang menampilkan pengetahuan seputar donor darah. Selain itu, ada Quiz, fitur yang disiapkan untuk mengedukasi user. Saat user sudah mengerjakan Quiz dan memiliki jumlah poin yang tinggi, mereka bisa mendapatkan hadiah berupa souvenir.

Faisal mengungkapkan, aplikasi ini akan terus mengalami perkembangan. Terlebih, setelah melakukan testing di ITS, hasil menunjukkan bahwa jumlah pendonor semakin meningkat setelah adanya aplikasi ini. Biasanya pendonor di ITS, tambahnya, hanya berjumlah kurang dari seratus, berkat Reblood bisa mencapai angka 200. (ITS/IK-SS)

Check Also

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Edupost.ID – Pasca kisruh dan mandeknya tuntutan aksi bela rakyat 121 yang diselenggarakan di 19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *